Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

MACINTOSH OS X? APA SAJA MEREKA?

OS Apple Untuk Apple MacBook dan Apple iMac

Service MacBook Surabaya | Service MacOS X | MacOS Cheetah | MacOS Puma | MacOS Puma | MacOS Jaguar | MacOS Panther | MacOS Tiger | MacOS Leopard | MacOS Snow Leopard | MacOS Lion | MacOS Mountain Lion | MacOS Mavericks | MacOS Yosemite | MacOS El-Capitan | MacOS Sierra | MacOS High Sierra | MacOS Mojave | MacOS Catalina | MacOS Big Sur | MacOS Big Sur 2
MacOS Big Sur
Electro Mobile Apple Service Surabaya (Apple iPhone, iPad, Mac, iWatch Repair Service at West, East, North, South, and Central Surabaya) - Well, hallo MacBook User dengan MacOS nya, hallo juga pengguna PC/Laptop dengan windows OSnya. MacOS atau Macintosh OS, atau yang sebelumnya disebut OS X, adalah sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna. Rilisan terbaru dari MacOS adalah MacOS Big Sur alias MacOS 11. Well, jika MacBook atau iMac anda ber OS MacOS big Sur di Tahun 2021 ini, sudah kami pastikan anda adalah anak sultan atau bahkan sultan itu sendiri. Mohon untuk pengguna MacOS Catalina, Mojave, High Sierra, atau Sierra jangan berkecil hati karena kalian masih sepupu sultan (seperti tim redaksi elmobsub yang telah menulis artikel ini). Untuk pengguna MacOS El Capitan, Yosemite, Maverick, atau Montain Lion tim redaksi cuma mengingatkan mbok lereno, duitmu akeh, tukuo anyar, ojo koyok wong susah! Canda, susah. Well, dalam artikel kali ini situs elmobsub.com akan secara khusus membahas tentang Mac OS atau Macintosh OS. Simak terus artikelnya ya teman-teman elmob!

Mac OS X

Service MacBook Surabaya | Service MacBook Pro Surabaya | Service MacBook Air Surabaya | Service MacBook Retina Surabaya
MacBook User
Well, mari kita mulai dengan membahas MacOS X. Ya, MacOS atau OS X, karakter "X" adalah nomor romavi yan berarti sepuluh, di mana versi dalam adalah penus dari operasi sistem yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membran sebagay khuruf "X" yan terdengar seperti. Salah satu alasan Mengapa Mereka Menafsir Sedemikyan Karena Tradisi Untuk Nama Member System Operations Young Berbasis Unix dengan Akhiran "x" (Misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Pusat Data Mac OS Apple

Service MacBook 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012 di Kota Surabaya
MacOS Generasi Lama
Server MacOS juga dirilis pada tahun 2001. Server yang berbeda ini mirip dengan versi standard-nya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup peranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Beberapa kata untuk berbagai versi dapat ditemukan di sini, yang dapat ditemukan di berbagai versi SMTP, SMB, LDAP, dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. Mac OS X adalah sistem operasi kernel BSD yang paling sesuai untuk bekerja dengan Mac OS X, memungkinkan Unix untuk digunakan. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan yang sedemikian rupa sehingga membuat panutan bagi pengembang desktop lain. Produk terbaru dari macOS diumumkan pada World Wide Developer Conference (WWDC) 2019 dengan kode Catalina dengan versi 10.15.

Mac OS X dari Masa ke Masa

Layanan Reparasi MacBook Pro di Kota Surabaya
Perangkat Laptop Apple MacBook Pro
Berikut ini adalah Urutan MacOS X yang masih digunakan Hingga Tahun 2021 seperti yang kami lansir dari laman resmi id.wikipedia.org, mulai dari Sejarah Singkat, Nomor Versi, dan Definisinya:

1. Mac OS X 10.0 Cheetah
Pada 24 Maret 2001, Apple merilis Mac OS X 10.0 (kode internal: Cheetah). Versi awal berjalan lambat, kurang lengkap dan hanya memiliki beberapa aplikasi tersedia saat menyimpan, sebagian besar dari pengembang independen. Meskipun banyak menganggap sistem operasi belum siap, mereka mengerti pentingnya rilis awal sebagai dasar perbaikan selanjutnya. Rilis Mac OS X respon komunitas Macintosh sebagai yang besar, usaha untuk merombak Mac OS telah dimulai sejak 1996, dan mundur karena berbagai hal.

2. Mac OS X 10.1 Puma
Pada 25 September 2001, Mac OS X 10.1 (dengan kode internal Puma) dirilis. Meningkatkan performa serta tambahan fitur, seperti pemutaran DVD. Apple mengeluarkan 10.1 sebagai pembaruan gratis untuk pengguna 10.0, serta versi US $ 129 bagi pengguna Mac OS 9. Belakangan diketahui bahwa CD untuk 10.0 sebenarnya CD lengkap yang dapat digunakan oleh Mac OS 9 dengan file tertent Apple kemudian merilis ulang CD sehingga tidak dapat digunakan untuk Mac OS 9. Pada Januari 2002, Apple mengumumkan bahwa Mac OS X akan menjadi sistem operasi bawaan untuk semua produk Macintosh.

3. Mac OS X 10.2 Jaguar
Pada 23 Agustus 2002, Apple mengeluarkan Mac OS X 10.2 Jaguar, rilis pertama yang menggunakan kode "kucing besar" sebagai bagian dari strategi pemasaran. Membawa peningkatan performa, tampilan yang canggih, serta banyak peningkatan antarmuka (lebih dari 150, menurut Apple ), termasuk Quartz Extreme untuk pengomposisian grafis secara langsung dari kartu grafis ATI Radeon atau Nvidia GeForce denganpes minimal 16 MB VRAM. Mac yang menyertai Mac OS selama 18 tahun dengan logo Apel yang berwarna abu-abu pada Mac OS X 10.2.

4. Mac OS X 10.3 Panther
Mac OS X 10.3 Panther dirilis pada 24 Oktober 2003. Selain peningkatan performa, juga penggerak pembaruan besar pada antarmuka, seperti Finder yang mengapresiasi, tema antarmuka brushed metal, Fast User Switching, Expose, FileVault, Safari, iChat AV (menambahkan fitur video), membuat PDF yang lebih baik serta interoperabilitas penignkatan dengan Windows. Dukungan untuk komputer G3 awal seperti PowerMacs dan PowerBooks warna.

5. Mac OS X 10.4 Tiger
Mac OS X 10.4 Tiger dirilis 26 April 2005. Apple mengatakan bahwa Tiger membawa lebih dari 200 fitur baru. Seperti Panther, beberapa perangkat lama tidak lagi didukung, Tiger memerlukan Mac dengan 256 MB dan port FireWire built-in. Beberapa fitur baru adalah Spotlight, Dashboard (widget desktop), Smart Folders, Smart Mailboxes pada aplikasi Mail, QuickTime 7, Safari 2, Automator, VoiceOver (pembaca layar), Core Image dan Core Video. Rilis awal Apple TV menggunakan Tiger yang menggunakan tampilan berbeda serta lebih sedikit aplikasi dan fitur. Pada 10 Januari 2006, Apple merilis Mac berbasis Intel pertama together dengan update 10.4.4. Operasi sistem berjalan secara identik, baik untuk Mac berbasis PowerPC maupun Intel, dukungan dari "Classic Environment" pada Mac berbasis Intel.

6. Mac OS X 10.5 Leopard
Mac OS X 10.5 Leopard dirilis 26 Oktober 2007. Apple pembaruan terbesar dari Mac OS X, dengan lebih dari 300 fitur baru. Leopard mendukung Mac berbasis PowerPC atau Intel; dukungan untuk prosesor G3 dihilangkan dan prosesor G4 membutuhkan clock-rate minimal 867 Mhz serta RAM 512 MB. Fitur baru antara lain: tampilan baru, Pencari pembaruan, Time Machine (back-up), Spaces (desktop virtual), Boot Camp yang sudah terpasang, dukungan penuh untuk aplikasi 64-bit (termasuk aplikasi antarmuka grafis), fitur baru pada Mail dan iChat, serta berbagai fitur keamanan. Leopard menghilangkan dukungan "Classic Environment", dan merupakan versi terakhir Mac OS X yang mendukung PowerPC.

7. Mac OS X 10.6 Snow Leopard
Mac OS X 10.6 Snow Leopard dirilis pada 18 Agustus 2009. Berbeda dengan versi sebelumnya, Snow Leopard tidak membawa perubahan besar pada tampilan dan fungsi kepada pengguna. Snow Leopard fokus pada meningkatkan performa, efisiensi dan gangguan sistem operasi. Bagi pengguna, perubahan yang paling terlihat adalah penggunaan harddisk yang lebih sedikit, Finder yang lebih responsif (karena ditulis ulang dalam Cocoa), backup Time Machine yang lebih cepat, aplikasi Preview yang lebih baik dari Safari. Snow Leopard hanya mendukung perangkat dengan prosesor Intel dan RAM minimal 1 GB. Menghilangkan dukungan untuk aplikasi PowerPC secara default (Rosetta dapat dipasang sebagai komponen tambahan untuk menjalankan aplikasi PowerPC). Snow Leopard mendukung 64-bit secara penuh, mendukung RAM yang lebih besar, dukungan multi-core yang lebih baik dan peningkatan performa GPU dengan OpenCL. Pembaruan 10.6.6 memperkenalkan Mac App Store, distribusi digital Apple untuk aplikasi macOS.

8. Mac OS X 10.7 Lion
Mac OS X 10.7 Lion dirilis pada 20 Juli 2011. Membawa beberapa fitur dari iOS, seperti laci aplikasi Launchpad dan gestur multi-touch. Rilis ini tidak mendukung aplikasi PowerPC, karena tidak dilengkapi dengan Rosetta. Perubahan pada antar muka antara scrollbar lain yang hanya muncul saat digunakan, dan Mission Control yang menggabungkan Expose, Spaces, Dashboard dan aplikasi full screen. Aplikasi akan terbuka dalam keadaan yang sama seperti saat akan ditutup, mirip dengan iOS. Dokumen disimpan secara Auto-save secara default.

9. Mac OS X 10.8 Mountain Lion
OS X 10.8 Mountain Lion dirilis 25 Juli 2012. Mountain Lion adalah rilis pertama dari OS X yang tiap tahun, bukan tiap dua tahun seperti pada versi sebelumnya. Hal ini siklus update iOS. Dapatkan beberapa fitur dari iOS 5, seperti Game Center, dukungan untuk iMessage, dan Reminders sebagai aplikasi terpisah dari iCal (yang berganti nama menjadi Calendar, seperti pada iOS). Mountain Lion juga memiliki dukungan untuk menyimpan berkas iWork di iCloud. Pusat Pemberitahuan pertama kali muncul di rilis ini. Memiliki lebih banyak fitur untuk China seperti pilihan menggunakan Baidu sebagai mesin pencari di Safari. Sejak Mountain Lion, pembaruan Aplikasi iOS (termasuk sistem operasi) melalui App Store. Mekanisme ini menggantikan Apple Software Update.

10. Mac OS X 10.9 Mavericks
OS X 10.9 Mavericks rilis 22 Oktober 2013, sebagai pembaruan gratis bagi pengguna Snow Leopard atau yang lebih baru dengan prosesor Intel 64-bit. Dapatkan aplikasi baru, Maps, dan iBooks yang sebelumnya telah ada di iOS.

11. Mac OS X 10.10 Yosemite
OS X 10.10 Yosemite dirilis pada 16 Oktober 2014. Membawa antarmuka yang mirip dengan iOS 7, dengan desain minimal dan datar, serta efek translucency dan warna bersaturasi tinggi. Fitur baru di antaranya adalah Handoff, yang memungkinkan pengguna iPhone dengan iOS 8.1 atau yang lebih tinggi untuk menjawab panggilan telepon, serta menerima dan mengirim SMS. Foto menggantikan iPhoto dan Aperture.

12. Mac OS X 10.11 El Capitan
OS X 10.11 El Capitan dirilis 30 September 2015. Seperti Mac OS X 10.6 Snow Leopard, rilis perbaikan pengalaman menggunakan Mac dan peningkatan performa sistem, dan tidak fokus pada penambahan fitur. Di antara transportasi umum pada aplikasi Maps, serta penggunaan San Francisco sebagai sistem font untuk meningkatkan legibilitas tulisan. El Capitan membawa dukungan untuk API Metal. Menurut Apple, Metal mempercepat render hingga 50 persen.

13. Mac OS 10.12 Sierra
macOS 10.12 Sierra dirilis 20 September 2016. Fitur baru antara lain: Siri, Optimized Storage, update untuk Photos, Messages, dan iTunes.

14. Mac OS 10.13 High Sierra
macOS 10.13 High Sierra dirilis 25 September 2017. Seperti OS X El Capitan dan OS X Mountain Lion, High Sierra merupakan update perbaikan yang tidak memiliki banyak fitur baru. Perubahan besar adalah penggunaan Apple File System, yang dioptimalkan untuk SSD yang digunakan pada sebagian besar Mac.

15. Mac OS 10.14 Mojave
macOS 10.14 Mojave dirilis 14 September 2018. Rilis ini mendapatkan fitur mode gelap dan beberapa aplikasi baru dari iOS, seperti Apple News.

16. Mac OS 10.15 Catalina
macOS 10.15 dirilis pada 7 Oktober 2019. Fitur baru di antaranya adalah voice control, dan aplikasi terpisah untuk musik, video, dan podcast yang menggantikan fungsi iTunes. Dukungan untuk aplikasi 32-bit secara resmi

17. Mac OS 11 Big Sur
macOS Big Sur diumumkan pada WWDC tanggal 22 Juni 2020 dan tersedia untuk umum pada 12 November 2020. Untuk pertama kalinya nomor versi ditingkatkan sejak Mac OS Beta pada tahun 2000. menambahkan dukukungan ARM, ikon baru dan perubahan antarmuka.

18. Mac OS 11 Big Sur 2
Update MacOS Terbaru - Dua minggu setelah meluncurkan beta publik pertama macOS Big Sur, Apple telah merilis iterasi kedua hari ini. Pembaruan datang hanya satu hari setelah beta 5 dari Big Sur tiba untuk pengembang. macOS Big Sur menyertakan penyegaran besar-besaran pada UI yang terinspirasi oleh iOS. Fitur baru lainnya termasuk Pusat Kontrol, peningkatan Safari, fitur aplikasi Pesan baru seperti pesan yang disematkan, widget yang dapat disesuaikan, dan banyak lagi.

Catatan Electro Mobile: Well, jika anda sudah terdaftar dalam versi beta publik, anda dapat memeriksa untuk melihat apakah macOS Big Sur beta 2 tersedia di Mac anda dengan membuka Preferensi Sistem> Pembaruan Perangkat Lunak. Ditemukan oleh kolega saya Gui, ukuran penuh, pembaruan besar mungkin muncul, tetapi Apple mencatat bahwa anda mungkin menemukan pembaruan tambahan sebagai solusi di bawah tautan "Pembaruan lain tersedia - Info Lebih Lanjut" di pembaruan perangkat lunak.

Kelebihan dan Kekurangan Mac OS

Tampilan Desktop MacOS terkini
Tidak adil rasanya jika kita hanya mengungkap kelebihan dari MacOS. Ya, dengan segala fitur dengan kecanggihannya bukan berarti MacOS tidak memiliki kekurangan dong ya! Well teman-teman elmob yang baik, teman elmob yang tidak baik tidak well, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Mac OS:

Kelebihan Mac OS
Lebih stabil karena menggunakan UNIX
  1. Multitasking.
  2. Bisa mengenal file format windows.
  3. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
  4. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya.
  5. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
  6. Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
  7. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
  8. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
  9. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
  10. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS
  1. MacOS dan Apple Devicenya Mahal.
  2. Aplikasi dalam MacOS Serba Bebrbayar.
  3. MacOS lama Montain Lion ke bawah kurang diperhatikan lagi Apple.
  4. Mitos MacBook yang hanya cocok untuk graphic designer.
  5. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
  6. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
  7. Rata-Rata Perangkat Mac dengan MacOS boros battery.
  8. Harga Repair Service, Sparepart, dan Aksesoris sangat Mahal (untuk kantong rakyat jelata. Eh sebentar, mana mungkin rakyat Jelata punya MacOS ya, ada-ada saja) .
  9. Software di Mac OS tidak begitu lengkap dibanding OS sebelah.
  10. MacOS kurang cocok bila digunakan untuk aplikasi server dan game berat.

Kesimpulan
MacOS pada iMac (Computer Desktop milik Apple)
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. 
Mac Intensity
Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.
MacBook Pro dan MacOS Didalamnya
Lalu dimana anda saat ini? Ya apapun MacOs yang anda gunakan saat ini pada perangkat Apple MacBook atau Apple iMac anda adalah milik anda. Anda berhak menentukan kebutuhan anda terhadap MacOS yang anda gunakan. Jika spek iDevice Apple anda mumpuni silahkan upgrade ke versi terbaru. Jika tidak, maka biarkan saja MacOS Terinstall dalam deviec anda. Sama halnya seperti pengguna yang masih tetap menggunakan Windows 7 di saat Windows 10 sudah ada. Ini bukan soal up to date or tidak up to date. Semua kembali di aspek kenyamanan. Ada case menarik di sekitar tim redaksi elmobsub.com. Ya, seorang teman yang bekerja di bidang IT dan menghandle situs-situs raksasa di negeri ini sekelas apahabar.com saja masih menggunakan Windows 7 untuk operating system sehari-harinya. Apa teman kami tidak paham soal IT atau update terbaru OS tersebut? Anda bisa menyimpulkan sendiri ya teman-teman elmob!
MacOS Big Sur (Mac OS Terkini dari Apple)
Demikianlah artikel tentang Macintosh OS dan Apa Saja Mereka? dari situs www.elmobsub.com


Punya masalah dengan Produk Apple anda? Electro Mobile Surabaya adalah Penyedia layanan Service, Sparepart, dan Aksesoris Produk-produk Apple di Kota Surabaya seperti:

  • Apple iPhone (All Series)
  • Apple Macbook (All Series)
  • Apple iPad (All Series)
  • Apple Smart iWatch (All Series)
  • Apple iMac Desktop (All Series), dll.

Seluruh prosedur service secara penuh dikerjakan dengan cepat, bergaransi, dan bisa ditunggu oleh teknisi dari iService Center Electro Mobile WTC Surabaya. Dalam beberapa case kerusakan berat perangkat Apple, kami menyediakan tanda terima opname resmi. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi atas iDevice Apple anda jika harus opname di tempat kami. Electro Mobile WTC Surabaya telah membuktikan diri lebih dari 10 Tahun menangani problem perangkat keras maupun perangkat lunak Apple di Kota Surabaya. Cek Teaser video Youtube Electro Mobile Apple Service Surabaya berikut ya:
Kunjungi Outlet Service, Sparepart, dan Aksesoris produk Apple kami di Plaza WTC, Lantai 2, Outlet No. 816, Kota Surabaya, Jawa Timur 60271, Indonesia. Untuk detail lokasi Outlet Electro Mobile silahkan cek di Google Maps berikut ini ya:
Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:


Customer service Electro Mobile Surabaya akan selalu siap melayani anda!

Salam

@elmobsub

www.elmobsub.com


Lebih baru Lebih lama