Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

CARA MEMILIH HARD DISK YANG TEPAT UNTUK MACBOOK ANDA

Hard Disk, SSD, atau Hybrid?

Jasa Upgrade/Down Grade Hard Disk, SSD, Hybrid MacBook dan iMac Surabaya
Piringan Hard Disk yang Sedang Berputar

Electro Mobile Apple Service Surabaya (Apple iPhone, iPad, Mac, iWatch Repair Service at West, East, North, South, and Central Surabaya) - Service Apple Surabaya by Electro Mobile (Tempat Service Apple iPhone, Apple MacBook, Apple iPad, Apple iMac, dan Apple iWatch di Kota Surabaya) - Well, setiap perangkat komputasi yang Anda miliki berisi semacam penyimpanan. IPhone atau iPad berisi memori flash, dan komputer desktop atau laptop berisi solid state drive (SSD), yaitu memori flash, atau hard disk. Mac saat ini dijual dengan tiga jenis perangkat penyimpanan: hard drive (hanya di basis 21,5 ″ iMac dan Mac mini), SSD, dan drive fusi. Dan anda dapat membeli drive eksternal atau internal dari tiga jenis: SSD, drive hybrid (fusion), atau hard drive. Nah, dalam artikel kali ini situs elmobsub.com akan secara khusus membahas tentang Cara Memilih Hard Disk yang Tepat untuk Mac Anda. Simak terus artikelnya ya teman-teman elmob!
Mac OS Interface
Oiyah, anda mungkin penasaran ingin tahu, hard disk apa yang tepat untuk Mac Anda? Memilih drive yang akan digunakan di komputer melibatkan pertukaran antara kecepatan, kapasitas, dan biaya. Dalam panduan ini, anda akan mempelajari perbedaan antara berbagai jenis drive serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perangkat Apple Mac baik itu serie MacBook atau serie iMac mengalami pertumbuhan pengguna yang sangat baik. Dampak kelas daring dan WFH selama pandemi Covid-19 memiliki andil besar dalam pengingkatan pengguna. Pengguna Mac lama seperti Redaksi situs elmobsub.com tentu akan lebih mengenali perangkat Mac yang selama ini kami gunakan, daripada pengguna baru. Kami sangat mendukung para pengguna Mac dengan semakin giat berbagi tips dan informasi speutar Mac dalam artikel-artikel rilisan situs kami. Ya, selamat datang, dan mari kita mulai dengan Tahapan mengenali Hard Drive pada Apple Mac yang anda gunakan saat ini!


Hard disk untuk Mac

Hard Disk untuk Mac
Mengabaikan naik turunnya floppy disk, untuk waktu yang lama, hard disk adalah perangkat penyimpanan yang paling umum. Mereka dapat diandalkan, memiliki kapasitas besar, dan relatif murah. Tentu saja, harganya tidak selalu murah. Pada tahun 1985, Apple menjual hard disk 20 MB dengan harga $ 1.495. Disk ini jauh lebih lambat dari hard disk saat ini, berputar hanya pada 2.744 RPM.
MacBook dan iMac OS
Hard drive saat ini umumnya berputar pada 5.400 atau 7.200 RPM, meskipun ada beberapa yang lebih cepat. (Performa bukan hanya tentang kecepatan, ada fitur lain yang dapat membuat drive membaca atau menulis data lebih cepat.) Dari perangkat penyimpanan terbatas 20 MB yang dijual pada 1980-an, kami telah beralih ke kapasitas yang relatif umum yaitu 4 TB (bahkan 8 TB untuk hard drive). Produsen disk telah merilis drive yang berukuran 10 dan 12 TB, dan kita bahkan akan melihat hard drive 16 TB akhir tahun ini. Dalam hal biaya penyimpanan, hard drive adalah yang termurah. Sebagai kerugian, bagaimanapun, mereka memiliki bagian yang bergerak, yang berarti mereka rentan terhadap kegagalan jika terjadi kesalahan atau jika Anda menjatuhkan laptop yang berisi hard drive. Mereka juga lebih berat dan membuat kebisingan. Poin terakhir ini mungkin tidak mengganggu kebanyakan orang, tetapi kami, di Electro Mobile Apple Service Surabaya lebih suka untuk tidak mendengar apa pun yang berputar di Mac milik kami.

Solid State Drive (SSD) untuk Mac

SSD Untuk Mac
Solid state drive, atau SSD, menggunakan memori flash untuk menyimpan data. Saat mereka dibuat menjadi komputer, kelihatannya mereka hanyalah beberapa chip di papan sirkuit. (Anda juga dapat membelinya dalam format 2,5 ″ untuk dipasang di laptop, atau di kandang eksternal.)

SSD kompak, senyap, dan sangat cepat, terutama saat Anda menyalakan komputer atau membangunkan komputer (hard disk mungkin masuk mode tidur jika tidak digunakan selama waktu tertentu, dan memerlukan beberapa detik untuk berputar). SSD juga menggunakan lebih sedikit daya, bekerja lebih dingin, lebih ringan, dan tidak memiliki bagian yang bergerak, yang membuatnya ideal untuk laptop.
Mac OS Interface
Catatan Electro Mobile: Ya, tentu, jika anda menjatuhkan laptop saat hard drive-nya berputar, drive tersebut dapat rusak, dan Anda dapat kehilangan data. SSD cenderung lebih andal secara keseluruhan, dan jika gagal, Anda masih dapat membaca data (kecuali jika chip memori yang sebenarnya rusak), sedangkan Anda mungkin tidak dapat melakukannya dengan hard disk. Namun, SSD jauh lebih mahal jika Anda melihat rasio biaya terhadap penyimpanan. Saat ini, Anda dapat membeli drive eksternal 8 TB dengan harga kurang dari $ 150, sedangkan jumlah uang itu hanya akan membelikan Anda SSD 500 GB.

Drive Hibrid untuk Mac

Apple Fusion Drive untuk Mac (Gabungan HD dan SSD)
Ada jenis drive lain yang menggabungkan dua teknologi: drive hybrid, atau yang disebut Apple sebagai drive fusi. Drive hybrid menggabungkan hard drive standar dengan elemen SSD, biasanya dari 6 hingga 128 GB. (Drive fusi Apple memiliki SSD 24 GB dalam model 1 TB, tetapi drive 2 TB dan 3 TB memiliki SSD 128 GB.) Drive menyalin file yang paling sering digunakan ke penyimpanan flash, sehingga dapat diakses lebih cepat. Ini biasanya mencakup sistem operasi, aplikasi yang sering Anda gunakan, dan file yang Anda akses secara teratur. Pertama kali Anda mem-boot dan meluncurkan aplikasi, file dibaca dari hard disk, lalu dipindahkan ke bagian SSD di drive; selanjutnya, mengakses file-file itu jauh lebih cepat.

Drive ini menawarkan kompromi antara kecepatan dan penyimpanan, masih sedikit lebih lambat daripada SSD, tetapi dengan harga yang jauh lebih baik: Anda dapat membeli drive hibrida 2 TB dengan SSD 6 GB dengan harga kurang dari $ 100. Namun, drive hibrida memiliki semua kelemahan dari hard drive, dan hanya beberapa kelebihan SSD. (source: intego.com)

Memilih Hard Disk Drive Terbaik untuk Mac

MacOS Big Sur (2021)
Kecepatan dan keandalan SSD menjadikannya solusi ideal untuk komputer masa kini. Kebanyakan orang tidak menginginkan Mac tanpa SSD, karena SSD memungkinkannya melakukan boot lebih cepat, aplikasi diluncurkan lebih cepat, dan file disalin lebih cepat. Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan daripada yang ditawarkan SSD, mungkin karena koleksi media yang besar, Anda memiliki dua opsi: drive hibrid, atau hard drive eksternal. Di iMac baru yang secara default dilengkapi dengan drive fusi 2 TB, anda dapat membayar tambahan $ 200 untuk memilih SSD 512 GB, atau $ 600 lebih untuk SSD 1 TB. (Menggunakan SSD 2 TB adalah tambahan $ 1.400.) Dan laptop Apple hanya ditawarkan dengan SSD. Jika anda menganggap bahwa biaya hard drive eksternal adalah sekitar $ 100 untuk 2 TB, maka memilih SSD internal dan hard drive eksternal akan menghabiskan biaya sekitar $ 300 lebih mahal daripada drive fusi - tetapi Mac Anda akan berjalan jauh lebih cepat.
MacOS Interface
Di Electro Mobile Apple Service Surabaya, kami telah menemukan bahwa kombinasi SSD internal dan hard drive eksternal adalah kompromi terbaik, karena kami tidak menginginkan fusion drive (karena berisik dan bagian yang bergerak). Jika anda memilih drive fusion (Hybrid), anda harus menghindari model 1 TB, karena elemen SSDnya yang lebih kecil; hanya memiliki 24 GB dibandingkan dengan 128 GB pada model 2 TB dan 3 TB. Elemen SSD yang lebih besar berarti lebih banyak file yang dapat di-cache, dan Mac Anda akan berjalan jauh lebih cepat. Meskipun jika Anda hanya memiliki kebutuhan sederhana - jika Anda hanya menggunakan sedikit aplikasi, dan tidak bekerja dengan file besar - itu tidak akan membuat perbedaan, dan meningkatkan ke drive fusi 2 TB akan dikenakan biaya tambahan $ 200.

Masa depan disk untuk Mac

MacOS Interface
Masa depan adalah flash. Pada akhirnya kita akan melihat SSD yang terjangkau dalam ukuran multi-terabyte, dan pilihannya sederhana: Anda hanya akan membeli hard disk jika Anda benar-benar membutuhkan banyak penyimpanan. Harga juga turun: Mac pertama dengan SSD adalah MacBook Air 2008, yang membanggakan SSD 64 GB dengan biaya tambahan $ 1.300. Sekarang, Anda bisa mendapatkan SSD satu terabyte di MacBook Pro hanya dengan $ 600 lebih.


Kesimpulan

MacOS Interface
Sebenarnya, bagaimanapun, sama sekali tidak ada alasan untuk membeli SSD yang besar, kecuali jika Anda bekerja dengan file yang sangat besar (seperti video), atau anda perlu membawa banyak file dalam perjalanan dan tidak dapat menggunakan hard drive portabel. Sebagian besar file pada SSD besar hanya akan diam, tidak pernah diakses, namun menghabiskan banyak biaya. Untuk saat ini, sebagian besar pengguna Mac dapat bertahan dengan SSD 256 atau 512 GB, dan jika anda memiliki banyak file, drive eksternal - atau bahkan cloud - akan menghemat uang anda. Baik Mac dengan Hard Disk, SSD, atau Hybrid (Gabungan antara SSD dan Hard Disk) tetap saja memiliki resiko kerusakan. Beruntung sekali anda mengunjungi situs kami. Ya, selain melayani reparasi service untuk Apple iPhone, iPad, dan Apple Smart iWatch, di tempat kami juga melayani Jasa reparasi MacBook. Dalam skal software maupun hardware. Problem hardware seperti SSD Problem, Hard Disk Problem, sudah banyak kami atasi sepanjang karir Temapt Service Apple kami didirikan di Kota Surabaya. Silahkan datang ke Outlet Electro Mobile Apple Service Surabaya jika anda mengalami problem pada Hard Disk atau SSD anda. Salam!
Interior Sebuah Hard Disk
Demikianlah artikel tentang Tips Untuk Memilih Hard Disk pada Apple Mac dari situs www.elmobsub.com


Punya masalah dengan Produk Apple anda? Electro Mobile Surabaya adalah Penyedia layanan Service, Sparepart, dan Aksesoris Produk-produk Apple di Kota Surabaya seperti:

  • Apple iPhone (All Series)
  • Apple Macbook (All Series)
  • Apple iPad (All Series)
  • Apple Smart iWatch (All Series)
  • Apple iMac Desktop (All Series), dll.

Seluruh prosedur service secara penuh dikerjakan dengan cepat, bergaransi, dan bisa ditunggu oleh teknisi dari iService Center Electro Mobile WTC Surabaya. Dalam beberapa case kerusakan berat perangkat Apple, kami menyediakan tanda terima opname resmi. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi atas iDevice Apple anda jika harus opname di tempat kami. Electro Mobile WTC Surabaya telah membuktikan diri lebih dari 10 Tahun menangani problem perangkat keras maupun perangkat lunak Apple di Kota Surabaya. Cek Teaser video Youtube Electro Mobile Apple Service Surabaya berikut ya:
Kunjungi Outlet Service, Sparepart, dan Aksesoris produk Apple kami di Plaza WTC, Lantai 2, Outlet No. 816, Kota Surabaya, Jawa Timur 60271, Indonesia. Untuk detail lokasi Outlet Electro Mobile silahkan cek di Google Maps berikut ini ya:
Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:


Customer service Electro Mobile Surabaya akan selalu siap melayani anda!

Salam

@elmobsub

www.elmobsub.com


Lebih baru Lebih lama