Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

SOLUSI LAYAR SENTUH IPHONE

Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi? Inilah Mengapa dan Cara Memperbaikinya!

Dalam artikel kali ini situs elmobsub.com akan akan membantu Anda memperbaiki layar sentuh iPhone Anda tidak berfungsi. Selama anda tidak menjatuhkan ponsel atau membasahinya sebelum gejalanya muncul, anda akan memiliki peluang lebih tinggi untuk memperbaikinya. Baca terus untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika layar sentuh iPhone Anda tidak merespons atau tidak berfungsi. Ya, dalam artikel sebelumnya kami telah membahas tentang Cara mengatasi Apple iPhone Black Screen. Lalu kali ini kami akan mebagikan tips yang berbeda untuk anda.

Well, banyak faktor yang dapat menyebabkan layar sentuh iPhone Anda berhenti berfungsi atau menjadi tidak responsif, seperti yang kami lansir dari laman ikream.com. Dan itu mungkin dari dalam perangkat lunak atau komponen perangkat keras ponsel. Tampilan tidak responsif atau layar sentuh tidak akan merespons masalah yang sering terjadi di antara gejala masalah memori lainnya pada perangkat awal, tetapi juga dapat memengaruhi beberapa perangkat baru saat dipicu oleh aplikasi yang buruk dan file sistem yang rusak. Posting ini menyoroti beberapa solusi yang sangat efektif untuk masalah yang sama ini di iPhone.

Menghilangkan penyebab nyata dari layar sentuh iPhone yang tidak responsif tidak berfungsi
Sebelum memecahkan masalah, pastikan layar iPhone bebas dari debu dan kotoran. Singkatnya, itu harus benar-benar layar. Jika layar tertutup debu dan kotoran, ada kemungkinan lebih tinggi untuk sensor sentuh layar gagal mengenali jari / sentuhan Anda dan dapat mengakibatkan layar sentuh iPhone tidak merespons masalah. Jadi, Anda harus menjaganya tetap jelas dan bersih. Selain dari layar, pastikan juga jari-jari Anda juga bersih dan tidak basah atau berminyak. Jika perlu, seka hingga kering sebelum menyentuh layar ponsel lagi.

Coba juga untuk menentukan apakah masalah iPhone tidak merespons hanya diisolasi ke aplikasi seperti ketika layar sentuh hanya menjadi tidak responsif atau berhenti berfungsi saat menggunakan aplikasi tertentu. Dalam hal ini, sesuatu harus dilakukan untuk memperbaiki aplikasi, jika tidak, hapuslah. Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah status memori iPhone Anda saat ini. Layar sentuh iPhone tidak berfungsi atau tampilan beku adalah salah satu tanda umum masalah kinerja di perangkat seluler yang sering dikaitkan dengan memori yang tidak mencukupi. 

Karenanya, anda harus mempertimbangkan untuk menuju ke menu Pengaturan iPhone-> Umum-> Penyimpanan iPhone dan kemudian melihat apakah memori yang tersedia cukup untuk mengalokasikan aplikasi dan proses baru. Jika memori iPhone Anda hampir habis, maka saat itulah Anda harus mempertimbangkan untuk menghapus konten lama dan tidak terpakai dari sistem.

Tentu Anda dapat mulai memecahkan masalah perangkat Anda jika gejala berlanjut bahkan setelah memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas.

1. Reboot/Paksa Restart
Solusi pertama yang disarankan untuk gejala terkait perangkat lunak termasuk layar membeku secara acak adalah dengan mem-boot ulang sistem. Karena layar sentuh iPhone Anda tidak merespons, Anda harus melakukan restart paksa, bukan reboot / soft reset biasa. Jika anda menggunakan iPhone 8, 8 Plus, atau iPhone yang lebih baru, berikut ini yang harus anda lakukan:

  • Tekan dan lepaskan tombol Keraskan Volume.
  • Kemudian tekan dan lepaskan tombol Volume Turun.
  • Terakhir, tekan dan tahan tombol Samping lalu lepaskan saat logo Apple muncul.


Di iPhone 7 dan 7 Plus, restart paksa dilakukan dengan cara ini:

  • Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan tombol Daya (Tidur / Bangun) secara bersamaan lalu lepaskan kedua tombol dengan logo Apple muncul.

Untuk versi lama dari iPhone 6 di bawah ini, inilah yang harus Anda lakukan untuk memaksanya memulai ulang:

  • Tekan dan tahan tombol Daya (Tidur / Bangun) dan tombol Rumah selama beberapa detik lalu lepaskan kedua tombol saat logo Apple ditampilkan di layar.

Jika layar sentuh iPhone Anda merespons lagi setelah melakukan restart / reboot paksa, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk melakukan prosedur berikut ini untuk menghilangkan pemicu. Jika bukan perangkat kerasnya, pasti ada sesuatu dalam aspek perangkat lunak yang menjadi penyebabnya. Untuk mencegah masalah datang kembali, Anda harus menghilangkan pemicunya. Di antara variabel umum adalah aplikasi buruk, malwares dan bug, data rusak atau file rusak. Melakukan prosedur berikut dapat membantu menghilangkan faktor-faktor ini dan dengan demikian menghentikan gejala layar tidak responsif atau pengulangan masalah layar sentuh tidak berfungsi.

2. Perbarui aplikasi dan perangkat lunak iPhone Anda ke versi Terbaru
Aplikasi yang bertingkah biasanya menjadi pemicu utama. Perhatikan bahwa semua yang ada di sistem iPhone Anda saling berhubungan, jadi jika salah satu komponen sistem tidak berfungsi, fitur dan fungsi sistem lainnya juga mungkin terpengaruh. Ini biasanya terjadi jika layar sentuh iPhone Anda tiba-tiba berhenti berfungsi saat menggunakan aplikasi tertentu. Aplikasi itu pasti bermasalah dan karena itu tidak stabil. Dan saat aplikasi itu mogok atau macet, layar sentuh tampilan iPhone juga menjadi macet dan karenanya tidak merespons sentuhan. Solusi efektif untuk ini adalah memperbarui aplikasi Anda. Seperti iOS, aplikasi juga menerima pembaruan berkala yang didorong oleh pengembangnya masing-masing. Pembaruan ini berisi fitur baru yang disempurnakan serta perbaikan bug.

Untuk memeriksa dan iinstal pembaruan aplikasi di iPhone Anda, cukup lihat langkah-langkah ini:

  • Buka App Store, untuk memulai.
  • Arahkan ke bagian bawah layar lalu ketuk Pembaruan. Setelah itu, layar baru yang berisi daftar aplikasi dengan pembaruan tertunda akan ditampilkan.
  • Ketuk tombol Perbarui di sebelah nama aplikasi untuk memperbarui aplikasi individu. Jika beberapa pembaruan aplikasi tersedia, ketuk tombol Perbarui Semua.

Setelah Anda selesai menginstal semua pembaruan aplikasi yang tertunda, reboot / soft reset iPhone Anda untuk menerapkan perubahan perangkat lunak terbaru.

3. Hapus File dan Pesan Yang Mencurigakan
Okay, jika layar iPhone Anda tiba-tiba menjadi tidak responsif atau macet setelah mengunduh file seperti foto, video, atau lampiran email, maka file itu pasti pelakunya. Coba cari file itu, hapus lalu lihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika gejala mulai terjadi saat mengetuk tautan yang disematkan di pesan SMS atau MMS, tautan tersebut kemungkinan berisi semacam bug yang membuat tidak stabil atau merusak operasi normal ponsel.

4. Copot Pemasangan Aplikasi Lama dan Tidak anda Perlukan
Selain tautan buruk dan file rusak, aplikasi lama dan usang juga harus dihapus. Selain mengosongkan ruang memori, menghapus aplikasi usang juga menghilangkan gejala buruk yang disebabkan oleh aplikasi tersebut. Untuk menghapus / mencopot aplikasi dari iPhone Anda, cukup buka layar Beranda lalu sentuh dan tahan ikon aplikasi selama beberapa detik atau hingga ikon bergoyang. Kemudian ketuk X yang ditemukan di sisi kiri atas aplikasi yang ingin Anda hapus. Jika diminta, ketuk Hapus untuk mengonfirmasi tindakan.

Atau, anda dapat mengakses penyimpanan ponsel Anda dengan menuju ke Pengaturan-> Umum-> menu Penyimpanan iPhone. Setelah anda mencapai menu ini, cari dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Kemudian ikuti petunjuk di layar lainnya untuk menyelesaikan penghapusan aplikasi dari iPhone Anda.

5. Atur ulang semua pengaturan pada iPhone Anda
Pengaturan sistem yang dikacaukan oleh pembaruan atau penyesuaian manual juga di antara kemungkinan alasan mengapa layar sentuh iPhone Anda berhenti berfungsi atau menjadi tidak responsif. Untuk mengesampingkan hal ini, atur ulang semua pengaturan pada iPhone Anda sehingga semua pengaturan yang disesuaikan dan konfigurasi yang tidak valid dihilangkan. Setelah reset, pengaturan telepon Anda dikembalikan ke nilai aslinya.

  • Untuk mengatur ulang semua pengaturan pada iPhone Anda, cukup masuk ke menu Pengaturan-> Umum-> Atur Ulang, lalu pilih opsi untuk Atur Ulang semua pengaturan. 
  • Berikutnya anda akan diminta untuk memasukkan kode sandi untuk iPhone Anda. 
  • Cukup masukkan kode sandi yang benar untuk melanjutkan. 
  • Kemudian ketuk Atur ulang pengaturan untuk mengonfirmasi.

Apple iPhone anda harus memulai ulang sendiri saat pengaturan ulang selesai dan kemudian memuat opsi default. Karenanya, ini mengharuskan Anda untuk mengaktifkan kembali fitur individual yang dinonaktifkan secara default untuk menggunakannya kembali di ponsel Anda. Setelah mengaktifkan fitur yang diperlukan, gunakan perangkat Anda seperti biasa dan lihat apakah masalahnya berulang atau tidak.

6. Hapus iPhone Anda (jika perlu)
Melakukan master reset atau menghapus iPhone biasanya merupakan pilihan terakhir untuk menghilangkan gejala membandel. Ada kemungkinan kesalahan sistem yang kompleks ada pada perangkat yang menyebabkan layar sentuh iPhone tidak berfungsi. Dalam hal ini, menghapus iPhone dan mengembalikan default pabriknya bisa menjadi cara terbaik untuk menghapus kesalahan layar sentuh ini. Tetapi perhatikan juga bahwa meskipun proses ini sering kali memberikan hasil yang positif, ini juga dapat menyebabkan hilangnya data secara permanen karena semua aplikasi yang Anda unduh dan data yang disimpan di memori internal juga dihapus dalam prosesnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, cadangkan semua file penting Anda ke iCloud atau iTunes drive terlebih dahulu. Setelah Anda mengamankan cadangan, lanjutkan dengan langkah-langkah ini:

  • Ketuk Pengaturan dari layar Beranda anda.
  • Pilih Umum.
  • Gulir ke bawah lalu ketuk Atur Ulang.
  • Pilih opsi untuk Hapus semua konten dan pengaturan.
  • Jika diminta, masukkan kode sandi perangkat anda.
  • Kemudian ketuk opsi untuk mengonfirmasi bahwa anda ingin menghapus iPhone anda.

Setelah reset, ponsel anda harus reboot secara otomatis dan kemudian memuat pengaturan default pabriknya. Untuk menggunakan ponsel Anda lagi, Anda harus menyiapkannya terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, cukup ikuti wizard startup untuk mengatur iPhone anda sebagai yang baru. 

Coba itu dan lihat apakah masalah layar hilang. Lebih sering daripada tidak, masalah terkait perangkat lunak bahkan yang disebabkan oleh bug yang sulit diselesaikan dan dilenyapkan oleh reset master atau reset pabrik. Semoga Anda mendapatkan hasil yang positif.

Ya, sekali lagi, anda hanya dapat melakukan prosedur di atas jika iPhone anda respring dan berfungsi dengan baik lagi setelah restart paksa. Jika layar sentuh tetap tidak responsif atau tidak berfungsi setelah restart paksa, maka pilihan Anda selanjutnya adalah melakukan pemulihan iOS. Lihat saja prosedur selanjutnya untuk mempelajari apa yang harus dilakukan selanjutnya.

7. Kembalikan iPhone Anda di iTunes
Jika layar sentuh iPhone anda masih tidak berfungsi setelah restart paksa, pemulihan iOS akan diperlukan. Beberapa kesalahan sistem cukup tangguh untuk menahan prosedur awal termasuk pengaturan ulang pabrik. Untuk menangani seperti itu beban, Anda dapat memilih untuk melakukan pemulihan mode pemulihan pada iPhone Anda atau meletakkan iPhone Anda dalam keadaan DFU sehingga kerusakan sistem besar atau korupsi data dapat diperbaiki melalui iTunes. Anda dapat merujuk ke langkah-langkah berikut, jika Anda ingin melanjutkan dengan pemulihan sistem ini.

8. Mode Pemulihan
Hal ini menempatkan perangkat anda dalam status pemulihan yang memungkinkan iTunes untuk mengakses sistem operasi bahkan ketika layar sentuh tidak berfungsi atau tidak responsif. Untuk memulai, Anda perlu mengamankan komputer baik Windows atau Mac dengan perangkat lunak iTunes versi terbaru yang diinstal. Kemudian hubungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB / Lightning yang disediakan. Setelah terhubung, masuk ke mode pemulihan dengan langkah-langkah ini:

  • Tekan dan lepaskan tombol Keraskan Volume dengan cepat.
  • Selanjutnya, tekan dan lepaskan tombol Volume Turun dengan cepat.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Sisi / Daya hingga Anda melihat layar Hubungkan ke iTunes. Artinya iPhone kamu sudah masuk recovery mode.
  • Saat Anda melihat opsi untuk Perbarui atau Pulihkan, pilih Perbarui jika Anda ingin memulihkan tanpa menghapus file.
  • Untuk memulihkan iPhone Anda dari cadangan iOS sebelumnya, klik opsi untuk Pulihkan lalu ikuti petunjuk di layar untuk memilih cadangan yang ingin Anda pulihkan.

Jangan lepaskan iPhone anda dari komputer sampai iTunes menyuruh Anda melakukannya. Jika tidak, Anda mungkin akan memiliki iOS yang benar-benar rusak dan tidak berfungsi.

9. DFU Mode restore untuk memperbaiki layar sentuh iPhone tidak berfungsi
Jika pemulihan mode pemulihan tidak memberikan hasil positif dan layar sentuh iPhone anda masih tidak berfungsi atau tidak merespons input sentuh, maka di sinilah pemulihan mode DFU dapat diterapkan. Saat iPhone Anda memasuki status DFU, iTunes masih dapat mengakses dan menyelaraskan dengan iOS meskipun bootloader tidak diaktifkan. Karenanya, ada peluang lebih tinggi bagi iTunes untuk memperbaiki komponen sistem yang rusak yang menyebabkan layar sentuh berhenti bekerja.
Namun sebelum anda melakukannya, pastikan ponsel Anda tidak mengalami kerusakan fisik atau cairan. Melakukan pemulihan mode DFU pada iPhone yang rusak karena cairan dapat membuat ponsel menjadi bata. Jika itu terjadi, Anda tidak dapat lagi menggunakan perangkat Anda. Jika Anda yakin iPhone Anda bebas dari kerusakan perangkat keras dan Anda bersedia mengambil risiko, Anda dapat melanjutkan. Untuk memulai, hubungkan iPhone Anda ke komputer melalui kabel USB / Lightning. Setelah terhubung, lanjutkan dengan langkah-langkah ini untuk menempatkan perangkat Anda dalam mode DFU atau Pembaruan Firmware Perangkat:

  • Tekan dan lepaskan tombol Keraskan Volume dengan cepat, lalu tekan dan lepas tombol Kecilkan Volume dengan cepat. Terakhir, tekan dan tahan tombol Sisi / Daya hingga layar menjadi hitam sepenuhnya.
  • Segera setelah layar menjadi hitam, tekan dan tahan tombol Volume Turun sambil terus menahan tombol Sisi / Daya.
  • Setelah 5 detik, lepaskan tombol Sisi / Daya tetapi terus tahan tombol Volume Turun hingga iPhone Anda muncul di iTunes di komputer Anda.
  • Saat iPhone Anda muncul di iTunes dan meminta Anda untuk memulihkan perangkat, Anda dapat melepaskan tombol Volume.
  • Kemudian ikuti perintah di layar untuk mulai memperbaiki dan memulihkan sistem operasi ponsel Anda dalam mode DFU melalui iTunes.

Tunggu saja hingga iTunes selesai memulihkan dan memperbaiki komponen sistem yang rusak dan kemudian lihat apakah masalah layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi benar-benar teratasi.
Catatan Electro Mobile Apple Repair Service Store Surabaya: Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak perbaikan iOS pihak ketiga jika iTunes gagal memperbaiki layar sentuh iPhone Anda yang tidak berfungsi atau tidak merespons. Sebenarnya ada banyak alat alternatif andal yang dapat Anda gunakan kapan pun Anda kehabisan pilihan. Cukup pilih perangkat lunak paling tepercaya dan efektif yang kompatibel dengan iPhone Anda dan bekerja dengan platform iOS saat ini yang digunakan perangkat Anda.

Apakah Anda masih memiliki layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi atau tidak responsif?
Jika tidak ada prosedur yang dapat memperbaiki masalah dan layar sentuh iPhone Anda tetap tidak responsif atau tidak berfungsi, saat itulah perbaikan atau servis iPhone diperlukan. Anda dapat membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Apple terdekat di tempat Anda dan memeriksanya dengan cermat oleh teknisi iPhone. Jika ada kerusakan perangkat keras, saat itulah layanan diperlukan.

Atau, Anda dapat menghubungi penyedia / operator iPhone Anda untuk rekomendasi lebih lanjut. Jika perangkat Anda masih dilindungi oleh garansi Apple, maka Anda harus memanfaatkan garansi sebagai gantinya. Kami harap, kami dapat membantu Anda memperbaiki masalah layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi. Kami akan sangat menghargai jika Anda membantu kami menyebarkan beritanya jadi silakan bagikan posting ini jika anda merasa terbantu. Terima kasih banyak telah membaca!
Demikianlah artikel tentang Solusi Masalah Layar Sentuh pada Apple iPhone 6, 7, 8, X, 11, dan 12 dari situs elmobsub.com. Well, jika anda menyukai artikel di situs www.elmobsub.com, jangan sungkan untuk follow Official Google Bisnis/Maps kami di link ini!

Untuk terhubung dengan Outlet Electro Mobile Apple Repair Surabaya silahkan kunjungi Outlet Service Center kami di WTC E-Mall Lantai 2, Outlet Nomor R. 816, Kota Surabaya, Jawa Timur 60271, Indonesia. 

Atau klik Google Maps Berikut:
Electro mobile juga tersedia di kanal Social Media dan Platform berikut:


Hotline 1 x 24 Jam Official Apple Store kami ada di kontak berikut:


Electro mobile juga berafiliasi dengan beberapa kanal Official Situs berikut:


Sekilas tentang Profile Electro Mobile bisa dilihat dalam teaser video berikut ini:
Customer service Electro Mobile Surabaya akan selalu siap melayani anda!

Thank you and best regards from us!


Lebih baru Lebih lama