Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

FUNGSI ICLOUD DI APPLE DEVICE

Apa Itu iCloud Apple dan Apa yang Dicadangkannya?

iCloud adalah istilah umum Apple untuk setiap fitur sinkronisasi cloud. Pada dasarnya, apa pun yang dicadangkan atau disinkronkan dengan server Apple dianggap sebagai bagian dari iCloud. Ingin tahu apa sebenarnya itu? Mari kita bahas.

Apa Itu iCloud?



iCloud adalah nama Apple untuk semua layanan berbasis cloud-nya. Ini membentang dari surat iCloud, kalender, Temukan iPhone Saya, hingga Foto iCloud dan Perpustakaan Musik Apple (belum lagi, cadangan perangkat). Kunjungi iCloud.com di perangkat Anda dan masuk dengan akun Apple Anda untuk melihat semua data yang diselaraskan di awan di satu tempat.

Situs web iCloud

Dilansir dari laman howtogeek.com tujuan dari iCloud adalah untuk menyimpan data dan informasi penting dengan aman di server jarak jauh Apple (berlawanan dengan iPhone atau iPad Anda). Dengan cara ini, semua informasi Anda dicadangkan ke lokasi yang aman dan disinkronkan di antara semua perangkat Anda.

Mencadangkan informasi Anda ke cloud memiliki dua manfaat. Jika Anda kehilangan perangkat Apple, informasi Anda (mulai dari kontak hingga foto), akan disimpan ke iCloud. Anda kemudian dapat membuka iCloud.com untuk mengambil data ini atau masuk dengan ID Apple Anda untuk memulihkan semua data ini secara otomatis di perangkat Apple baru Anda.

Manfaat kedua adalah mulus dan hampir tidak terlihat. Itu mungkin sesuatu yang sudah Anda anggap remeh. iCloud-lah yang menyinkronkan janji Catatan dan Kalender Anda antara iPhone, iPad, dan Mac Anda. Ini dilakukan untuk banyak aplikasi Apple stok dan bahkan aplikasi pihak ketiga yang telah Anda sambungkan ke iCloud. Sekarang setelah kita memiliki pemahaman yang jelas tentang iCloud, mari kita lihat apa yang dicadangkannya.

Apa yang Dicadangkan iCloud?

Inilah semua yang dapat dicadangkan dan disinkronkan iCloud ke servernya dari iPhone, iPad, atau Mac Anda:

  1. Kontak: Jika Anda menggunakan akun iCloud sebagai akun buku kontak default, semua kontak Anda akan disinkronkan ke server iCloud.
  2. Kalender: Semua janji temu kalender yang dibuat menggunakan akun iCloud Anda akan dicadangkan ke server iCloud.
  3. Catatan: Semua catatan dan lampiran di aplikasi Apple Notes di semua perangkat Anda disinkronkan dan disimpan ke iCloud. Anda juga dapat mengaksesnya dari iCloud.com.
  4. Aplikasi iWork: Semua data yang Anda miliki di aplikasi Pages, Keynote, dan Numbers akan diunggah dan disimpan di iCloud, yang berarti semua dokumen Anda tetap aman meskipun iPhone atau iPad Anda hilang.
  5. Foto: Jika Anda telah mengaktifkan fitur Foto iCloud dari Pengaturan > Foto, semua foto dari Rol Kamera Anda akan diunggah dan dicadangkan ke iCloud (mengingat Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup). Anda dapat mengunduh foto-foto ini dari iCloud.com.
  6. Musik: Jika Anda telah mengaktifkan Apple Music Library, koleksi musik lokal Anda akan diselaraskan dan diunggah ke server iCloud, dan akan tersedia di semua perangkat.
  7. iCloud Drive: Semua file dan folder yang disimpan di iCloud Drive secara otomatis disinkronkan ke server iCloud. Bahkan jika Anda kehilangan iPhone atau iPad Anda, file-file ini akan aman (pastikan file tersebut tidak disimpan di bagian Di iPhone Saya atau Di iPad Saya di aplikasi File).
  8. Data Aplikasi: Jika diaktifkan, Apple akan mencadangkan data aplikasi untuk aplikasi tertentu. Saat Anda memulihkan iPhone atau iPad dari cadangan iCloud, aplikasi beserta data aplikasi akan dipulihkan.
  9. Pengaturan Perangkat dan Perangkat: Jika Anda mengaktifkan Cadangan iCloud (Pengaturan > Profil > iCloud > Cadangan iCloud), semua data penting dari perangkat Anda seperti akun tertaut, konfigurasi Layar Beranda, pengaturan perangkat, iMessage, dan lainnya akan diunggah ke iCloud. Semua data ini dapat diunduh lagi saat Anda memulihkan iPhone atau iPad menggunakan iCloud.
  10. Riwayat Pembelian: iCloud juga mencatat semua pembelian Anda dari App Store dan iTunes Store sehingga Anda dapat kembali kapan saja dan mengunduh ulang aplikasi, buku, film, musik, atau acara TV.
  11. Cadangan Apple Watch: Jika Anda mengaktifkan cadangan iCloud untuk iPhone Anda, itu juga akan mencadangkan Apple Watch Anda secara otomatis.
  12. Pesan: iCloud mencadangkan konten di app Pesan, termasuk pesan iMessage, SMS, dan MMS.
  13. Kata Sandi Pesan Suara Visual: iCloud akan mencadangkan kata sandi Pesan Suara Visual yang dapat Anda pulihkan setelah memasukkan kartu SIM yang sama yang digunakan selama proses pencadangan.
  14. Memo Suara: Semua rekaman dari aplikasi Memo Suara juga dapat dicadangkan ke iCloud.
  15. Penanda: Semua penanda di Safari dicadangkan ke iCloud dan diselaraskan di antara semua perangkat Anda.
  16. Data Kesehatan: Apple sekarang juga mencadangkan semua data kesehatan di iPhone Anda dengan aman. Ini berarti bahwa bahkan jika Anda kehilangan iPhone, Anda tidak akan kehilangan data pelacakan kesehatan selama bertahun-tahun seperti latihan dan pengukuran tubuh.

Hanya ini yang dapat dicadangkan iCloud, tetapi pengaturan khusus akun iCloud Anda akan berbeda. Untuk melihat semua yang dicadangkan akun iCloud Anda, buka aplikasi "Pengaturan" di iPhone atau iPad Anda, pilih profil Anda di bagian atas daftar, lalu buka bagian "iCloud".

iCloud Kelola Penyimpanan di iPhone

Di sini, gulir ke sekeliling untuk melihat semua fitur yang diaktifkan kembali (seperti Foto iCloud dan Cadangan iCloud untuk perangkat). Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan cadangan data aplikasi untuk aplikasi tertentu dari sini.

Aplikasi iCloud di iPhone

Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan iCloud, buka bagian "Kelola Penyimpanan" di iCloud. Di sini Anda dapat meningkatkan ke paket bulanan dengan lebih banyak penyimpanan. Anda dapat membeli 50GB seharga $0,99/bulan, 200GB seharga $2,99/bulan, dan 2TB seharga $9,99/bulan.

Masalah Login pada iCloud

Jika Anda tidak dapat terhubung atau masuk ke iCloud

Jika Anda telah mengatur ID Apple dan memerlukan bantuan untuk masuk atau menggunakan iCloud, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Dapatkan bantuan untuk masuk ke iCloud - Sebelum Anda mulai, periksa halaman Status Sistem Apple untuk memastikan tidak ada pemadaman atau pemeliharaan terjadwal yang saat ini memengaruhi iCloud dan pastikan Anda masuk ke iCloud dengan ID Apple yang sama di semua perangkat Anda.
  • Jika Anda tidak dapat mengingat ID Apple atau kata sandi Anda - Jika Anda tidak dapat mengingat ID Apple Anda, periksa pengaturan dan layanan ini untuk menemukannya. Jika Anda lupa kata sandi ID Apple, pelajari cara mengatur ulang.
  • Jika Anda mendapatkan pesan bahwa ID Apple Anda terkunci atau dinonaktifkan - Jika Anda atau orang lain terlalu sering salah memasukkan kata sandi, pertanyaan keamanan, atau informasi akun lainnya, ID Apple Anda secara otomatis terkunci untuk melindungi keamanan Anda dan Anda tidak dapat masuk ke layanan Apple apa pun. Pelajari cara membuka kunci ID Apple Anda.
  • Jika Anda tidak dapat masuk ke iCloud.com - Pelajari apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah saat masuk ke iCloud.com.
  • Jika Anda tidak dapat masuk menggunakan data seluler saja - Pastikan iPhone, iPad, atau PC Anda memiliki koneksi Internet yang kuat dan Anda telah mengaktifkan data seluler di iPhone atau iPad dengan membuka Pengaturan > Seluler atau Data Seluler. Jika pengaturan ini tidak aktif, Anda mungkin tidak dapat mengakses ID Apple dan iCloud saat tidak terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  • Jika Anda kesulitan menerima kode verifikasi, atau kode verifikasi Anda ditolak - Pelajari cara mendapatkan kode verifikasi dan masuk ke iCloud dengan autentikasi dua faktor. Jika perangkat Anda menjalankan iOS 8 atau OS X Yosemite atau versi lebih lama, masuk menggunakan verifikasi dua langkah.
  • Jika Anda melihat pesan Tidak Dapat Membuat ID Apple atau Tidak Dapat Mengatur iCloud - Jika Anda melihat salah satu pesan ini, berarti Anda telah melampaui jumlah ID Apple baru yang dapat Anda atur dengan iCloud di satu perangkat dalam satu tahun. Pelajari apa yang harus dilakukan.


Permintaan kata sandi lain yang mungkin Anda lihat!

  • Jika Anda berulang kali diminta memasukkan kata sandi ID Apple di perangkat Mac atau iOS Anda
  • Jika Anda baru saja memulihkan iPhone, iPad, atau iPod touch dari cadangan iCloud, pemulihan mungkin belum selesai. Tetap terhubung ke jaringan Wi-Fi dan sumber daya yang andal hingga pemulihan selesai. Ikuti langkah-langkah ini jika Pencadangan iCloud tidak dapat diselesaikan atau Anda tidak dapat memulihkannya.
  • Jika Anda baru saja mengubah kata sandi ID Apple, Anda mungkin perlu memperbarui informasi masuk dengan layanan iCloud yang Anda gunakan. Pastikan bahwa setiap layanan menggunakan informasi masuk yang diperbarui di perangkat Anda.
  • Periksa apakah Anda telah mengaktifkan Unduhan Otomatis. Jika ada konten yang siap diunduh, Anda mungkin diminta memasukkan ID Apple dan kata sandi untuk melanjutkan. Pelajari cara melanjutkan unduhan yang terputus.
  • Jika Anda adalah pengelola, orang tua, atau wali grup Keluarga Berbagi, periksa apakah permintaan tersebut merupakan permintaan dari anggota keluarga anak untuk melakukan pembelian iTunes Store. Anda kemudian dapat menyetujui atau menolak permintaan tersebut.
  • Jika Anda ingin masuk ke aplikasi pihak ketiga tetapi kata sandi Anda ditolak
  • Jika Anda ingin mengakses informasi iCloud dari aplikasi pihak ketiga, Anda perlu menggunakan kata sandi khusus aplikasi. Ini membantu melindungi akun Anda dengan memungkinkan Anda masuk dengan aman. Pelajari cara membuat dan menggunakan sandi khusus aplikasi.

Jika Anda masih membutuhkan bantuan

Jika Anda masih memerlukan bantuan untuk masuk ke iCloud, perbarui iPhone, iPad, dan iPod touch ke iOS atau iPadOS versi terbaru, dan Mac ke macOS versi terbaru. Lihat persyaratan sistem iCloud untuk informasi lebih lanjut.



Lebih baru Lebih lama