Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

IPHONE VS ANDROID PHOTOGRAPHY

Electro Mobile Apple Repair Service Store Surabaya - Ponsel vs Android untuk Fotografi Smartphone

Android VS iOS
Saat membeli ponsel, ada satu pertanyaan yang sering kita tanyakan: Apakah iPhone lebih baik daripada Android untuk fotografi? Ini pertanyaan yang rumit. Baiklah, kami di Electro Mobile Apple Service surabaya via situs elmobsub.com kesayangan Apple User Surabaya ini akan membahas perbedaan antara iPhone vs Android dan membantu anda memutuskan ponsel kamera mana yang terbaik di tahun 2021.

Dari Sisi Harga
Harga adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan oleh setiap pembeli ponsel. Semua fitur keren dari ponsel terbaru tidak masalah jika Anda tidak mampu membelinya. Mari kita lihat perbedaan harga antara iPhone dan Android. Tidak dapat disangkal bahwa iPhone umumnya lebih mahal daripada banyak versi Android. Biaya rilis terbaru Apple, iPhone 12 diatas 10 Juta Rupiah.
Sementara itu, beberapa ponsel Android bisa semurah Rp 500 Ribuan (Alcatel Raven dan model lainnya). Tetapi Android juga memiliki opsi kelas atas yang bahkan lebih mahal daripada beberapa model iPhone. Perangkat seperti Samsung Galaxy S10 memiliki fitur sebanyak iPhone XS atau XR.
Android dan iPhone

Jika anggaran anda terbatas, anda akan memiliki peluang lebih baik untuk memiliki ponsel Android. Atau anda bisa membeli iPhone bekas sebagai gantinya. Ini masih akan menelan biaya lebih dari 1 Juta-an Rupiah dalam banyak kasus. Itupun jika anda bersedia membayar mahal untuk telepon, maka Anda harus melakukan riset tentang apa yang anda inginkan. Pada kisaran harga ini, mungkin sulit untuk membedakan perbedaan antara Android dan iPhone. Banyak dari mereka berbagi fitur serupa.

Dari Perangkat keras
Terlepas dari harga, Anda pasti ingin melihat fitur fisik yang ditawarkan iPhone dan ponsel Android. Perangkat keras sangat bervariasi dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Bahkan model iPhone berbeda dalam fitur yang mereka tawarkan. Namun secara umum, iPhone memiliki tampilan dan bagian yang seragam. Karena hanya Apple yang memproduksi iPhone, mereka memiliki kendali penuh atas desainnya.
Apple iPhone
Di sisi lain, ponsel Android terlihat jauh lebih berbeda satu sama lain daripada iPhone. Pasalnya, ada puluhan pabrikan mulai dari Samsung hingga LG yang membuat perangkat tersebut. Itu berarti beberapa perangkat Android mungkin memiliki lensa plastik sementara yang lain memiliki kaca. Sensor juga bervariasi dari satu pabrikan ke pabrikan lainnya. Jadi meskipun Android, kualitas foto mungkin berbeda satu sama lain. Tetapi fakta bahwa ponsel Android berbeda juga menjadi alasan mengapa mereka populer. Warganet bisa menikmati lebih banyak variasi fitur daripada terjebak dengan fitur seragam iPhone.

Bagaimana Dengan Resolusi?
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, hargalah yang menentukan fitur perangkat Anda. Dan kategori ini adalah di mana Anda akan melihat perbedaan nyata antara Android dan iPhone. iPhone menampilkan beberapa kamera terbaik untuk perangkat seluler. Model terbaru mereka, XR, memiliki kamera 12 megapiksel yang bahkan dapat merekam dalam 4K. Sementara itu, fitur kamera sangat bervariasi dalam hal Android. Ponsel Android murah seperti Alcatel Raven hanya memiliki kamera 5 megapiksel yang menghasilkan gambar berbintik. 

Tetapi Android juga memiliki beberapa ponsel dengan kamera yang menyaingi iPhone. Mari kita lihat spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus misalnya. Selain kamera ganda 12 megapiksel, ia juga dilengkapi kamera sudut lebar 16 megapiksel. Dan seperti halnya iPhone, ia juga dapat merekam 4K. 

Ketika datang ke kamera, anda mendapatkan apa yang anda bayar. Jadi berinvestasi dalam telepon yang baik yang melakukan pekerjaan untuk anda. Jika anda menginginkan pengalaman bebas repot yang memungkinkan anda mengambil gambar dengan mudah, gunakan iPhone. Okay, jika anda menyukai penyesuaian dan fitur yang tidak ditawarkan iPhone, pertimbangkan untuk membeli Android.

Oh Dual Kamera!
Kamera ganda dulunya eksklusif untuk ponsel andalan yang mahal beberapa tahun yang lalu. Tetapi hari ini, bahkan opsi yang lebih murah juga memilikinya. Dan itu meningkatkan permainan ketika datang ke debat iPhone vs Android. Saat ini, anda bisa mendapatkan ponsel dual-kamera Android yang hebat seperti Honor 10 Lite dengan harga kurang dari 2,5 Juta Rupiah. Ini fitur kamera depan utama 24 megapiksel dan kamera ganda belakang 13 megapiksel. Hal itu berarti anda sekarang dapat mengambil bidikan bokeh yang indah di perangkat anda tanpa menghabiskan banyak uang. 

Tapi tentu saja, krim tanaman untuk ponsel Android masih menjadi pilihan andalan yang mahal. Secara umum, mereka menawarkan resolusi dan kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Belum lagi bahwa mereka juga memiliki fitur yang jauh lebih banyak daripada rekan anggaran mereka. Misalnya, Smartphone seperti Huawei P30 Pro seharga 11 Juta Rupiah menawarkan kamera telefoto dan sudut lebar yang tidak dimiliki ponsel kamera ganda yang lebih murah. Aperturnya juga dapat mencapai serendah f/1.4 untuk memungkinkan anda memotret dalam cahaya rendah tanpa mengganggu ISO.

Sementara itu, fitur kamera iPhone XR tampak pucat dibandingkan ponsel seperti Huawei P30. Misalnya, ia hanya memiliki lensa sudut lebar 12 megapiksel dibandingkan dengan lensa ultra lebar 20 megapiksel Huawei. Tetapi iPhone juga memiliki sensor yang lebih besar yang memungkinkannya bekerja lebih baik dalam cahaya rendah daripada pesaingnya meskipun resolusinya lebih rendah. Ini juga memiliki stabilisasi gambar optik yang memungkinkannya memotret foto yang tajam bahkan pada kecepatan rana rendah. Banyak ponsel Android membanggakan lebih banyak fitur daripada iPhone. Tetapi pada saat yang sama, iPhone sering unggul dalam apa yang ditawarkannya. Misalnya, mungkin tidak memiliki kamera megapiksel tertinggi misalnya.

Rentang dinamisnya yang mengesankan memungkinkannya memotret foto yang luar biasa dalam berbagai kondisi pencahayaan yang menantang.

Dari Segi Mode Potret
Kamera ganda memiliki beragam fungsi dalam hal fotografi smartphone. Tentu saja, Anda dapat memilih lensa telefoto atau sudut lebar satu per satu untuk memperbesar atau mengambil bidikan close-up. Anda juga dapat menggunakan keduanya secara bersamaan untuk membuat foto dengan latar belakang buram.
HP Android
Jika anda ingin mempelajari cara membuat foto terlihat profesional, cukup aktifkan Mode Potret di iPhone atau Live Focus di perangkat Samsung. Kemudian pengaturan kamera ganda melakukan keajaibannya untuk menciptakan bidikan bokeh yang terlihat seperti diambil dengan SLR. Untuk sebagian besar, baik iPhone dan ponsel Android kelas atas melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menciptakan keburaman latar belakang yang tampak profesional.

Tidak seperti DSLR asli yang mencapai efek seperti itu melalui penggunaan lensa, perangkat seluler ini menggunakan perangkat lunak bersama dengan lensa ganda. Lensa ganda bekerja sama untuk membuat "peta kedalaman" yang membantu ponsel menghitung jarak subjek dari latar belakang. Kemudian, ia menggunakan perangkat lunak untuk mengaburkan latar belakang.

Dengan kata lain, ponsel ini meniru efek bokeh. Terutama karena bahkan lensa kamera ganda tidak cukup untuk membuatnya secara alami. Peringatan menggunakan teknologi ini adalah bahwa hal itu cenderung menjadi hit-or-miss ketika Anda menggunakannya. iPhone dan perangkat Android sama-sama mengalami kesalahan perhitungan keburaman latar belakang. Sedemikian rupa sehingga kadang-kadang tampak terlalu palsu.

Untungnya, teknologi terus meningkat dan ponsel yang lebih baru yang keluar melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menciptakan bokeh yang realistis.

Pada Aplikasi Kamera Bawaan/Asli
Untuk sebagian besar, aplikasi kamera asli iPhone dan Android memiliki banyak kesamaan. Lokasi tombol dan pilihan mungkin berbeda, tetapi semuanya berfungsi sama. Baik iPhone dan Android berbagi fitur yang sama. Dalam kebanyakan kasus, satu-satunya perbedaan adalah apa yang mereka sebut fungsi tertentu. Misalnya, Mode Potret pada iPhone disebut Live Focus pada perangkat Android.

Jadi dalam banyak hal, iPhone dan Android adalah seri dalam kategori ini. Aplikasi asli keduanya mudah digunakan. Ini hanya masalah membiasakan diri terutama jika Anda lebih akrab dengan satu platform daripada yang lain. Tetapi tidak butuh waktu lama untuk mengetahui bahwa mereka sangat mirip.

Aplikasi Pihak Ketiga
Aplikasi sama pentingnya dengan fitur kamera di ponsel anda. Itu sebabnya anda harus memilih perangkat yang kompatibel dengan aplikasi yang ingin anda gunakan. Selama bertahun-tahun, Apple memiliki kontrol ketat atas aplikasi yang diterimanya di toko aplikasinya. Itu berarti ia memiliki lebih sedikit pilihan daripada Android.

Tetapi pada saat yang sama, aplikasi yang Anda lihat di toko aplikasi Apple memiliki kepuasan pengguna yang lebih baik. Pasalnya, perusahaan memiliki pedoman ketat yang memastikan kualitas dan keamanan aplikasi yang mereka tawarkan. Di sisi lain, Android menderita banyak aplikasi yang terkena atau ketinggalan. Banyak aplikasi cenderung mengalami lebih banyak bug dan gangguan karena perbedaan antara perangkat lunak dan/atau perangkat keras dari berbagai ponsel Android.

Android juga tidak menawarkan pembaruan sesering Apple. Akibatnya, itu menjadi lebih rentan terhadap aplikasi yang salah. Dan ini juga salah satu alasan mengapa beberapa aplikasi akhirnya menjadi tidak kompatibel dengan beberapa perangkat Android. Kabar baiknya adalah banyak aplikasi kamera/pengeditan seperti Lightroom dan VSCO bekerja dengan iPhone dan Android. Itu berarti kedua platform dapat menikmati manfaat dari alat fotografi digital terbaik.

Kesimpulan
Menurut laman expertphotography.com, ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan saat membeli smartphone. Tetapi sebagian besar, memilih antara iPhone dan Android adalah masalah preferensi. Perangkat Android sama baiknya jika tidak lebih baik dari iPhone. Jika anda suka memiliki lusinan fitur, maka Android adalah yang terbaik untuk anda. Tetapi jika anda menginginkan ponsel yang menawarkan pengalaman tanpa batas dan tetap mengambil foto yang bagus, maka iPhone adalah pilihan yang tepat.
Jajajran Flagship HP Apple dan Android
Jangan terpaku pada merek. Sebaliknya, lakukan riset dan lihat semua spesifikasi perangkat yang ingin anda beli. Jika memiliki semua yang anda butuhkan untuk mengambil foto, maka itulah kamera smartphone terbaik untuk anda.

Oiyah, jika anda memiliki masalah lain terkait dengan Apple iPhone anda, jangan ragu untuk menghubungi Teknisi Electro Mobile Apple Service Surabaya di tautan ini!

Lebih baru Lebih lama