Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

MACBOOK PRO OVER HEATING SOLVED

Electro Mobile Apple Repair Service Store Surabaya - MacBook Pro Terlalu Panas? 10 Perbaikan Teratas (Dan Kiat Pro untuk Mencegahnya)

MacBook Pro 16 Inch

Okay, MacBook Pro Terlalu Panas? 10 Perbaikan Teratas (Dan Kiat Profesional untuk Mencegahnya)
Wajar jika MacBook Pro, atau Mac apa pun, menjadi hangat selama penggunaan normal. Tapi, jika MacBook Anda berjalan sangat panas, mungkin tidak apa-apa. Ada banyak kemungkinan alasan di luar sana. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa penyebab umum. Lebih penting lagi, kami juga akan berbagi dengan anda solusi praktis tentang cara memperbaiki masalah panas berlebih pada Mac.

Okay, kami telah menggunakan MacBook Pro lama dan mengalami masalah ini berkali-kali. Mudah-mudahan, snda dapat mengatasi masalah overheating dengan menerapkan beberapa teknik yang tercantum di bawah ini.

Tapi Pertama, Mengapa Mac Overheating Itu Penting?
Tidak ada yang merasa nyaman bekerja di komputer yang terlalu panas. Ini masalah psikologis: Kita cenderung khawatir dan panik ketika itu terjadi. Pada kenyataannya, hasil utamanya adalah perangkat keras Anda (CPU, hard drive, dll.) dapat rusak jika terkena panas berlebih yang terus-menerus. Gejala khas ini termasuk perlambatan, pembekuan, dan masalah kinerja lainnya. Menurut laman softwarehow.com
Lebih buruk lagi, MacBook Anda bisa mati secara otomatis jika suhunya sangat tinggi. Ini bisa menjadi hal yang baik dan buruk. Hal baiknya adalah ini melindungi perangkat keras Anda dari potensi kerusakan. Hal buruknya adalah dapat menyebabkan kehilangan data.

Bagaimana Mengetahui Apakah MacBook Anda Terlalu Panas?
Terus terang, tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah MacBook Anda menjadi panas atau terlalu panas. Cara terbaik adalah memercayai insting Anda. Saat Mac Anda memanas hingga membuat Anda tidak nyaman, mungkin itu terlalu panas.

Cara lain untuk memvalidasi penilaian Anda dengan cepat adalah dengan mencari Menu CleanMyMac. Anda akan tahu jika itu menunjukkan peringatan "Suhu disk tinggi". Omong-omong, CleanMyMac adalah aplikasi Mac fantastis yang memungkinkan Anda mengosongkan memori, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, menonaktifkan item masuk yang tidak perlu, plugin, dll. yang dapat membantu meringankan masalah panas berlebih dan meningkatkan kinerja Mac Anda secara keseluruhan. Baca ulasan terperinci kami untuk lebih lanjut.

Dapatkan CleanMyMac 3 untuk Pemeriksaan Kesehatan dan Bersihkan Mac Anda
Anda mungkin telah diberitahu untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti iStat atau smcFanControl untuk memantau statistik sistem Mac, suhu CPU, atau mengelola kecepatan kipas. Secara pribadi, kami pikir itu bukan ide yang baik karena dua alasan. Pertama, mereka mungkin tidak akurat seperti yang Anda pikirkan. Inilah yang secara resmi dikatakan Apple dalam tiket dukungan:
"Utilitas ini tidak mengukur suhu casing eksternal. Suhu kasus yang sebenarnya jauh lebih rendah. Jangan pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendiagnosis kemungkinan masalah perangkat keras..."
Kedua, perangkat lunak pengontrol kecepatan kipas sebenarnya berpotensi merusak MacBook Anda. Karena Mac Anda tahu cara menyesuaikan kecepatan kipas sendiri saat diperlukan, mengesampingkan pengaturan kecepatan secara manual dapat menyebabkan masalah.

MacBook Pro Terlalu Panas: 10 Penyebab & Perbaikan

Harap diperhatikan: solusi di bawah ini berlaku untuk Mac yang masih beroperasi saat memanas. Jika MacBook Anda mati sendiri karena terlalu panas dan tidak mau hidup, tunggu beberapa menit hingga dingin lalu nyalakan ulang mesin.

1. Mac Anda Punya Malware
Ya, Mac bisa terkena spyware dan malware. Meskipun macOS memiliki perlindungan keamanan terintegrasi terhadap malware, itu tidak sempurna. Banyak perangkat lunak sampah sampah dan perangkat lunak penipuan phishing menargetkan pengguna Mac dengan menggabungkan aplikasi yang tidak berguna atau mengarahkan Anda ke situs web palsu. Apple menyebutkan beberapa di sini. Meskipun tidak mungkin menyebabkan masalah sistem yang serius, mereka akan membebani sumber daya sistem Anda, yang dapat menyebabkan panas berlebih.
"Cara Memperbaikinya: Hapus Malware..."
Sayangnya, ini tidak semudah kedengarannya karena tidak realistis untuk meninjau secara manual setiap aplikasi dan file yang Anda simpan di MacBook Pro. Pilihan terbaik adalah menggunakan perangkat lunak antivirus seperti Bitdefender Antivirus for Mac.

2. Aplikasi Pelarian
Aplikasi pelarian, dengan kata lain, aplikasi pihak ketiga yang menuntut lebih banyak sumber daya sistem (terutama CPU) dari yang seharusnya. Aplikasi ini kurang berkembang atau terjebak dalam satu lingkaran, yang dapat menguras daya baterai dan sumber daya CPU. Ketika itu terjadi, hanya masalah waktu sebelum MacBook Anda mulai kepanasan.
"Cara Memperbaikinya: Tentukan "Pelakunya" melalui Monitor Aktivitas..."
Activity Monitor adalah utilitas bawaan di macOS yang menunjukkan proses yang berjalan di Mac sehingga pengguna bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana proses tersebut memengaruhi aktivitas dan kinerja Mac. Klik di sini untuk info lebih lanjut. Anda dapat membuka utilitas melalui Aplikasi> Utilitas> Monitor Aktivitas, atau lakukan pencarian Spotlight cepat untuk meluncurkan aplikasi.

Berikut cara kerjanya. Untuk mengetahui penyebab kenaikan suhu MacBook Pro Anda, cukup klik kolom CPU, yang akan mengurutkan semua aplikasi dan proses. Sekarang perhatikan persentasenya. Jika sebuah aplikasi menggunakan hampir 80% dari CPU, itu pasti pelakunya. Jangan ragu untuk mengklik dua kali dan tekan "Keluar." Jika aplikasi menjadi tidak responsif, coba Paksa Keluar.

3. Permukaan Lebih Lembut Soft
Seberapa sering Anda menggunakan Laptop Mac di atas bantal atau di tempat tidur Anda? Apa yang nyaman bagi Anda mungkin tidak bijaksana untuk MacBook Anda. Sebaiknya letakkan Mac Anda di permukaan yang lebih lembut seperti itu, karena akan ada sirkulasi udara yang tidak memadai di bawah dan di sekitar komputer. Lebih buruk lagi, karena kain pada dasarnya menyerap panas, itu akan membuat Mac Anda lebih panas.
"Cara Memperbaikinya: Sesuaikan Kebiasaan/Habit dari Komputer Anda..."
Ingat, terkadang solusi terbaik juga yang termudah. Tempatkan Mac Anda di permukaan kerja yang stabil. Empat kaki karet di bagian bawah akan memastikan ada cukup sirkulasi udara untuk menghilangkan panas yang dihasilkan Mac Anda. Anda mungkin juga ingin mendapatkan dudukan laptop (rekomendasi: Rain Design mStand Laptop Stand, atau X-stand ini dari Steklo) untuk meningkatkan kualitas MacBook Anda dan mendinginkannya dengan lebih baik. Periksa bagian "Kiat Pro" di bawah ini untuk kiat lainnya.

4. Debu dan Kotoran
Mirip dengan permukaan yang lebih lembut, debu dan kotoran di Mac Anda — terutama di bagian kipas — akan membuatnya lebih hangat. Ini karena Mac mengandalkan ventilasi untuk menghilangkan panas. Jika ventilasi MacBook Anda dipenuhi banyak barang, itu buruk untuk sirkulasi udara. Tidak tahu di mana ventilasinya? Di MacBook Pro yang lebih lama, mereka berada di area engsel tepat di bawah layar Anda dan di atas keyboard. Retina MacBook Pro juga memiliki ventilasi di bagian bawah.
"Cara Memperbaikinya: Bersihkan Kipas dan Ventilasi...."
Pertama, anda bisa menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan debu dan kotoran. Anda juga dapat mencoba udara terkompresi (rekomendasi), tetapi berhati-hatilah karena dapat merusak komponen MacBook Anda. Pastikan udara terkompresi tidak mengeluarkan air. Jika Anda punya waktu dan alat yang tepat, pertimbangkan untuk membukanya dan membersihkan komponen internal seperti kipas dan CPU.

5. Halaman Web dengan Iklan Flash
Berapa kali Anda mengunjungi situs web berita/majalah seperti NYTimes, MacWorld, CNET, dll., dan menyadari bahwa kipas MacBook Pro Anda bekerja lebih cepat hampir seketika? Kami mengalami ini sepanjang waktu. Jangan salah paham; konten di situs ini sangat bagus. Tapi satu hal yang sangat mengganggu kami adalah halaman di situs web ini cenderung berisi banyak iklan flash dan konten video. Mereka juga cenderung bermain otomatis, yang menghabiskan lebih banyak sumber daya sistem daripada yang anda kira.
"Cara Memperbaikinya: Blokir Iklan Flash..."
Adblock Plus adalah plugin luar biasa yang bekerja dengan semua browser web utama termasuk Safari, Chrome, Firefox, dan lainnya. Setelah Anda menambahkannya, secara otomatis memblokir iklan web agar tidak ditampilkan. Keuntungan lainnya adalah membantu mempercepat Internet lambat di Mac Anda. Sayangnya, pada saat kami menulis panduan ini, kami melihat beberapa situs berita besar mempelajari trik ini dan memblokir plugin mereka, meminta pengunjung untuk menghapusnya agar dapat melihat konten mereka… aduh! Anda dapat menemukan lebih banyak pemblokir iklan dari ulasan mendalam ini.

6. SMC Perlu Direset
SMC, kependekan dari System Management Controller, adalah chip di Mac Anda yang menjalankan banyak bagian fisik mesin termasuk kipas pendinginnya. Biasanya, reset SMC membantu menyelesaikan masalah terkait perangkat keras, dan tidak berbahaya. Lihat artikel ini untuk mengetahui lebih banyak indikator bahwa SMC Anda mungkin perlu diatur ulang.
"Cara Memperbaikinya: Setel ulang SMC di MacBook Pro..."
Ini cukup mudah dan membutuhkan waktu kurang dari satu menit. Pertama, matikan MacBook Anda dan colokkan adaptor daya, yang membuat Mac Anda dalam mode pengisian daya. Kemudian tahan Shift + Control + Option pada keyboard Anda dan tekan tombol power secara bersamaan. Setelah beberapa detik, lepaskan tombol dan nyalakan Mac Anda. Jika Anda ingin video tutorial, lihat ini:

7. Pengindeksan Sorotan
Spotlight adalah fitur praktis yang memungkinkan Anda mencari semua file di Mac dengan cepat. Saat Anda memigrasikan file yang lebih besar, atau MacBook Anda ditingkatkan ke macOS yang lebih baru (misalnya, macOS Catalina), mungkin perlu beberapa saat bagi Spotlight untuk mengindeks konten di hard drive. Ini dapat menyebabkan MacBook Pro Anda menjadi lebih panas karena penggunaan CPU yang tinggi. Bagaimana Anda tahu jika Spotlight sedang dalam proses pengindeksan? Utas ini memiliki lebih banyak.
"Cara Memperbaikinya: Tunggu Hingga Pengindeksan Selesai..."
Sayangnya, tidak ada cara untuk menghentikan proses pengindeksan Spotlight setelah dimulai. Tergantung pada penggunaan hard drive Anda dan faktor lainnya, mungkin diperlukan waktu hingga beberapa jam, jadi bersabarlah. Omong-omong, jika Anda memiliki folder yang berisi data sensitif dan Anda tidak ingin Mac mengindeksnya, Anda dapat mencegah Spotlight melakukannya. Pelajari caranya dari tip Apple ini.

8. Perangkat Lunak Kontrol Kipas
Seperti yang skami katakan di atas, menggunakan perangkat lunak kontrol kipas untuk mengubah kecepatan kipas pendingin MacBook Anda adalah ide yang buruk. Apple Mac tahu cara menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis. Mengontrol kecepatan kipas secara manual dapat menyebabkan masalah tambahan, bahkan merusak Mac Anda, jika dilakukan secara tidak tepat.

"Cara memperbaikinya: Copot Perangkat Lunak/Aplikasi Kecepatan Kipas..."

Menghapus aplikasi di Mac biasanya sangat mudah. Cukup seret dan lepas aplikasi ke Sampah dan kosongkan Sampah. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin perlu membersihkan file terkait secara manual. Jika Anda memiliki beberapa aplikasi untuk dihapus, Anda juga dapat menggunakan CleanMyMac, karena fitur Uninstaller memungkinkan Anda melakukannya dalam batch.

9. Pengisi Daya MacBook Palsu
Pengisi daya normal untuk MacBook Pro mencakup tiga bagian utama: kabel daya AC, Adaptor Daya MagSafe, dan konektor MagSafe. Itu selalu merupakan praktik yang baik untuk menggunakan yang asli yang disertakan dengan Mac Anda. Jika Anda membelinya secara online, itu bisa jadi palsu dan mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan MacBook Pro Anda, menyebabkan masalah panas berlebih dan masalah lainnya.
"Cara Memperbaikinya: Belanja dari Apple Online Store atau Peritel Lokal..."
Seringkali tidak mudah untuk menemukan pengisi daya MacBook palsu, tetapi video YouTube ini membagikan beberapa tips yang luar biasa. Coba lihat. Juga, cobalah untuk menghindari belanja dari pasar online, selain toko resmi, untuk komponen Apple. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah.

10. Kebiasaan Buruk pada MacBook Device
Setiap komputer memiliki batasnya sendiri. Anda harus mengetahui kemampuan dan kemampuan MacBook Pro Anda. Misalnya, jika Anda memegang MacBook Pro model 2010 dengan RAM 2 GB dan hard disk drive yang berputar, kemungkinan besar perangkat tersebut tidak akan cukup kuat untuk menangani terlalu banyak proses pada saat yang bersamaan. Jika Anda menjalankan perangkat lunak pengedit foto/video serta aplikasi lain secara bersamaan, Mac Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk memanas.
"Cara Memperbaikinya: Kenali Mac Anda dan Perlakukan dengan Baik..."
Pertama-tama, periksa logo Apple> Tentang Mac Ini> Laporan Sistem untuk mendapatkan gambaran tentang konfigurasi perangkat keras komputer Anda, terutama Memori, Penyimpanan, dan Grafik (lihat tangkapan layar di bawah). Cobalah untuk tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi kecuali Anda harus melakukannya. Matikan animasi mewah yang mungkin membebani sumber daya sistem yang berharga. Mulai ulang lebih sering, dan biarkan Mac tidur sebentar seperti yang Anda lakukan.

Kiat Profesional untuk Mencegah MacBook Pro Menjadi Panas

  • Hindari menggunakan MacBook Anda di tempat tidur, permukaan kain, atau di pangkuan Anda. Sebaliknya, usahakan selalu meletakkannya di permukaan yang keras seperti meja berbahan kayu atau kaca. Ini baik untuk komputer Anda serta kesehatan Anda (sumber).
  • Periksa ventilasi MacBook Anda dan bersihkan Mac Anda secara teratur. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang memenuhi keyboard dan ventilasi. Jika Anda punya waktu, buka hard case dan bersihkan kipas bagian dalam dan heatsink. iFixit memiliki banyak panduan hebat.
  • Dapatkan bantalan pendingin untuk MacBook Pro Anda (seperti pendingin ultra-ramping portabel dari TeckNet ini) jika Anda sering menggunakannya di rumah atau di kantor. Bantalan laptop ini biasanya memiliki kipas internal untuk membantu meningkatkan aliran udara dan mengurangi panas yang dihasilkan pada Mac Anda.
  • Pertimbangkan untuk meninggikan MacBook Anda dengan dudukan laptop (lihat Rain Design mStand). Karena kaki karet pada MacBook Pro sangat tipis, mungkin perlu waktu lebih lama untuk menghilangkan panas. Dudukan laptop akan mengangkat Mac dari permukaan meja sehingga panas dapat keluar dengan lebih efisien.
  • Cobalah untuk tidak menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, terutama yang cenderung menggunakan lebih banyak sumber daya sistem daripada yang lain — misalnya, program pengeditan foto, alat manajemen proyek, dll.
  • Miliki kebiasaan berselancar web yang baik. Saat ini sulit untuk tidak mengunjungi situs berita atau situs majalah untuk mengakses informasi. Namun, memuat banyak halaman web dengan iklan flash adalah kebiasaan buruk, hanya untuk mendapati kipas MacBook Pro Anda langsung bekerja keras.
  • Selalu unduh perangkat lunak dan aplikasi dari situs web resmi mereka atau App Store. Ini penting karena banyak situs unduhan pihak ketiga menggabungkan crapware atau malware ke dalam program yang ingin Anda dapatkan, dan mereka berjalan diam-diam di latar belakang tanpa Anda sadari.

Kesimpulan
Kami harap anda menemukan panduan pemecahan masalah ini bermanfaat. Untuk penggemar Apple, MacBook seperti mitra kerja kami. Masalah panas berlebih tidak baik untuk komputer Anda, tentu saja Anda tidak menyukainya. Untungnya, masalah tidak terjadi tanpa alasan. Kami telah menunjukkan kepada Anda dari yang di atas, dan perbaikannya masing-masing. Tidak realistis bahwa Anda akan menerapkan semua solusi ini, dan sangat tidak mungkin Anda harus melakukannya. Namun, mereka harus memberi Anda beberapa petunjuk tentang apa yang mungkin menyebabkan MacBook Pro Anda menjadi panas.

Jika anda memliki masalah dengan Apple MacBook Device anda, jangan ragu untuk menghubungi Teknisi Anda, Pengalaman, dan Ramah kami di tautan ini!


Lebih baru Lebih lama