Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

EVOLUSI APPLE MACBOOK DARI MASA KE MASA

Evolusi laptop Apple, dari PowerBook ke MacBook Pro



Electro Mobile Apple Service Surabaya (Apple iPhone, iPad, Mac, iWatch Repair Service at West, East, North, South, and Central Surabaya) - Well, pada April 2021 dan masih dalam duka Pandemi Covid-19 yang tak berujung dan menyebalkan ini. Okay, di saat nostalgia yang agak tak terduga di acara media terbarunya, Apple menunjukkan bahwa itu adalah ulang tahun ke-25 PowerBook. (Senang mengetahui bahwa, 27 tahun kemudian, Apple masih lebih suka tidak ada yang mengingat Mac Portable.) PowerBooks, iBooks, dan MacBook Apple telah berkembang pesat dalam 25 tahun. Kami di Electro Mobile Apple Service Surabaya telah menjadi pengguna laptop Mac sejak era PowerBook asli. Sejarah kuno itu adalah sejarah kami. Sejak 1991, Apple telah melewati tujuh era berbeda dalam hal strategi dan desain laptopnya. Nah, dalam artikel kali ini situs elmobsub.com akan secara khusus membahas tentang Evolusi Laptop Apple dari Apple Power Book hingga ke MacBook Pro.
PowerBook asli (dan, tentu, Mac Portable) menggunakan prosesor asli Mac, seri Motorola 680 × 0. Generasi pertama PowerBooks menggemparkan dunia, itulah mengapa Apple merayakan hari jadi mereka. Kami mengingat dengan jelas sebuah cerita majalah yang dengan penuh perhatian menggambarkan eksekutif industri hiburan Barry Diller yang tertatih-tatih di sebuah restoran L.A. dengan PowerBook-nya di atas meja di depannya.

Evolusi Apple MacBook - Apple PowerBook 100

PowerBook pertama kami berasal dari era ini, meskipun bukan dalam generasi aslinya, tetapi gelombang kedua, dirilis pada tahun 1992. Pada musim kemarau tahun 1992 kami adalah seorang mahasiswa pascasarjana, dan alasan kami untuk membeli PowerBook di The Scholars Workstation —Toko komputer kampus UC Berkeley — adalah tempat kami bisa menulis cerita di mana saja, tidak hanya di Mac SE di apartemen kami. Kami mendapat pesan bahwa PowerBook 160 kami (mampu menampilkan 16 warna abu-abu!) Telah tiba untuk diambil sehari setelah kami pulang sakit selama dua minggu dengan mono. Ini akan menjadi waktu yang tepat untuk istirahat di PowerBook kami… tapi sebaliknya kami menulis banyak cerita pendek dengan tulisan tangan. Era ini juga melihat pengenalan PowerBook Duo, salah satu Mac paling menarik yang pernah dibuat. Itu adalah laptop yang benar-benar kecil – 4,1 pon, pada tahun 1992! –Dan merupakan satu-satunya eksperimen nyata Apple dengan ide laptop dengan stasiun dok. Duo Dock tersedot ke dalam laptop (seperti VCR front-loading… Anda ingat itu, kan?) Dan menghubungkannya ke layar eksternal, kartu ekspansi, kartu video, dan bahkan upgrade prosesor. Meskipun Duo tidak seperti Mac mana pun yang pernah dibuat, penerusnya termasuk MacBook Air dan Retina MacBook satu port.

Evolusi Apple MacBook - PowerBook Duo yang benar-benar luar biasa.

Seri PowerBook 500, dengan nama kode "Blackbird", adalah desain ulang PowerBook besar pertama Apple. Kami di Electro Mobile Apple Service Surabaya mengenal orang-orang yang menyukai laptop tersebut, meskipun kami tidak pernah memilikinya – dan menurut kami, mereka tidak pernah benar-benar memberikan kegembiraan awal orang-orang tentangnya.

Evolusi Apple MacBook - Empat digit: Era PowerPC

Laptop Mac era berikutnya benar-benar menempatkan "kekuatan" ke dalam nama PowerBook. Prosesor PowerPC masuk, dan semua angka berubah dari tiga menjadi empat digit. Apple merilis versi terbaru dari seri PowerBook 500, PowerBook 5300 — dan baterainya mulai terbakar. (Terdengar akrab?) Laptop kami di era ini adalah PowerBook 1400, laptop abu-abu dengan sentuhan yang menyenangkan – jendela geser keluar yang jelas tempat Anda dapat meletakkan karya seni khusus untuk membuat laptop Anda sendiri. (Dengan gaya tahun 1990-an yang sebenarnya, laptop kami menampilkan gambar kapal Vorlon dari Babylon 5.)

Evolusi Apple MacBook - PowerBook 1400 yang dapat disesuaikan.

Laptop paling menarik pada periode ini adalah penerus Duo, PowerBook 2400c. Itu adalah PowerBook 4,4 pon yang sulit ditemukan, tidak laku, tapi – seperti Spinal Tap – besar di Jepang. Setelah 2400c dihentikan di AS, Apple menawarkan model yang diperbarui hanya untuk pasar Jepang. Kami punya satu di Macworld Lab, dan kami ingat mengagumi betapa kecilnya itu.

Evolusi Apple MacBook - Plastik hitam: Era G3

PowerBooks menambahkan prosesor PowerPC G3 pada waktu yang hampir bersamaan ketika Steve Jobs kembali ke Apple. G3 PowerBook pertama hanyalah PowerBook 3400c dengan prosesor berbeda. Jobs (dan Jonathan Ive) tidak menggunakan pengaruh mereka sampai Desktop Invader yang sebenarnya tiba, PowerBook G3 “Wall Street” yang lebih hitam dari hitam.

Evolusi Apple MacBook - PowerBook G3 

Wallstreet, masih ada di sekitar Macworld Vault. Ini adalah laptop dari Apple baru. Logo Apple putih besar di bagian belakang adalah tanda pertama. Bahan pembungkusnya yang kenyal dan ujung yang melengkung adalah ujung lainnya. Desain ini bertahan selama tiga generasi perangkat keras, termasuk penambahan FireWire. Kami memiliki salah satu laptop ini – ukurannya besar (dengan layar diagonal 14 inci), tetapi sangat keren saat melihat waktu.

Laptop pertama Apple yang berfokus pada konsumen, iBook, juga ditayangkan perdana selama era ini. Didukung oleh prosesor G3 dan dibungkus dengan plastik tembus pandang yang mengingatkan pada sepupu desktop iMac, iBook asli terlihat seperti dudukan toilet. Itu menggemaskan, sampai ke pegangan plastik lipat. Kami tidak pernah memilikinya, tetapi sekitar waktu ini orang tua kami telah menjual rumah masa kecil kami dan pindah ke rumah motor, siap untuk bepergian ke seluruh negeri, jadi kami membeli iBook Blueberry untuk mereka gunakan di jalan.

Evolusi Apple MacBook - Laptop perak: Era G4

Saat ini, jika Anda memikirkan laptop Mac, Anda mungkin memikirkan lempengan perak dengan logo Apple besar di atasnya. Ini adalah era di mana hal itu dimulai. Upaya pertama Apple untuk membuat laptop perak terbaik adalah Titanium PowerBook G4. Itu adalah produk yang luar biasa pada saat itu, dengan ketebalan hanya 1 inci. Kami ingat model ini dengan penuh kasih sayang, karena ini adalah laptop yang kami gunakan untuk memposting foto pertama bayi laki-laki kami yang baru pada tahun 2001. Beberapa tahun kemudian sebagai balita, putri kami akan memegang bagian belakang layar PowerBook kami dan langsung melepaskannya dari layar. engsel.

Lihat betapa halusnya engsel PowerBook G4 Titanium! Dia bukanlah bayi yang bertenaga super. Apple belajar banyak tentang ilmu material dari Titanium PowerBook, termasuk dua poin utama: Titanium ringan tapi rapuh (jepret!) Dan cat mudah mengelupas dari logam. Titanium PowerBooks tampak hebat saat masih baru, tetapi mudah rusak dan catnya mudah lecet.

Pelajaran ini mengarahkan Apple untuk membuat keputusan yang masih diikuti hingga saat ini: Membuat laptop dari aluminium yang dianodisasi. Aluminium PowerBook G4, diperkenalkan pada tahun 2003, jauh lebih besar daripada model masa kini, tetapi masih dapat dikenali sebagai laptop Mac modern. Kami jatuh cinta dengan PowerBook G4 versi 12 inci, memulai hubungan cinta dengan laptop kecil yang berlanjut hingga hari ini.

Evolusi Apple MacBook - Tenaga yang cukup di Era Intel

Steve Jobs akhirnya bosan meletakkan kata "power" di setiap Mac profesional, dan pengabaian prosesor PowerPC oleh Apple adalah waktu yang tepat untuk beralih dari nama PowerBook. Maka pada tahun 2006, Apple menempatkan nama PowerBook yang berusia 15 tahun – serta iBook yang lebih baru – untuk digembalakan dan menggantinya dengan MacBook dan MacBook Pro. Maka dimulailah era Intel.

Sejujurnya, nama dan prosesor berubah, tetapi tampilan laptop Apple sebagian besar tetap sama. IBook polikarbonat - versi plastik dari desain laptop Mac standar daripada desain asli yang fantastis - berubah menjadi MacBook berbasis Intel yang baru. Kami menyukai MacBook 13 inci asli, terutama varian warna hitam, dan itu adalah Mac utama kami selama beberapa tahun. Kami akan menulis tentang sistem pro untuk Macworld dan kemudian kembali menggunakan laptop konsumen, tetapi ukuran MacBook itu tidak terkalahkan. Dan sangat mudah untuk mengganti hard drive.

Evolusi Apple MacBook - Mari menjadi kecil di Era MacBook Air

Sementara MacBook Pro terus disempurnakan, dan menambahkan layar Retina pada tahun 2012, perubahan terbesar dalam pendekatan Apple terhadap laptop terjadi pada tahun 2008, saat MacBook Air hadir.

Evolusi Apple MacBook - MacBook Air akan terlewatkan.

MacBook Air pertama adalah rasa ingin tahu, perangkat yang kurang bertenaga (dan kekurangan porta) yang sangat tipis dan ringan. Dua tahun kemudian, celah kedua Apple di MacBook Air – dalam variasi 13 dan 11 inci – mengubah rasa ingin tahu menjadi hit yang sah. Menurut sebagian besar akun, ini adalah model laptop Mac paling populer dalam enam tahun terakhir. Sebagai penggemar laptop kecil, kami menyukai Apple macBook Air 11 inci dan masih belum melepaskannya. 

Model yang lebih baru dapat dipesan dengan prosesor i7 yang cukup kuat dan dilengkapi dengan penyimpanan SSD yang cepat. Dan MacBook Air kami yang berusia tiga tahun masih cukup kuat untuk menangani hampir semua tugas yang kami minta. Well, hari ini, era MacBook Air akan segera berakhir. Model 11 inci sekarang hanya dijual ke pasar pendidikan dan model 13 inci sepertinya tidak akan pernah diperbarui lagi. Namun, Air yang tipis dan ringan menunjukkan jalan ke depan untuk seluruh lini produk laptop Apple.

Evolusi Apple MacBook - Hari ini di Era Space Grey

Rasanya pasti model MacBook dan MacBook Pro saat ini berada di era baru, yang baru saja dimulai. Dari pengenalan konektor USB-C hingga opsi untuk mendapatkan laptop Mac dengan warna yang tidak perak hingga kehadiran Touch Bar, desain laptop Apple mengikuti aturan baru daripada sebelumnya.

Evolusi Apple MacBook - MacBook 2016 hadir dalam empat warna.

Tapi segala sesuatu yang lama menjadi baru lagi. My PowerBook 160 memiliki berat 7 pon, menggunakan prosesor 25MHz, RAM 4MB, hard drive 40MB, modem, floppy drive, dan port ADB, Mac serial, dan SCSI. MacBook memiliki berat 2 pon, olahraga prosesor 1.1GHz, memiliki 8GB RAM, 256GB penyimpanan flash, dan satu port USB-C. Siapa yang tahu bagaimana masa depan?

Rangkuman Evolusi MacBook

Evolusi MacBook: Sejarah MacBook Air dan Pro 2020

Apple adalah pilihan banyak orang. Ini dapat didukung oleh banyak data dari banyak perusahaan Fortune 500. Menurut sebuah artikel oleh Computerworld, 98% dari perusahaan Fortune 500 sudah menggunakan perangkat iOS. Selain itu, perusahaan yang sama ini sudah mencari cara untuk beralih ke komputer Mac. Jika ini tidak cukup bukti, Jamf menulis di salah satu artikelnya bahwa raksasa teknologi IBM telah meluncurkan 100.000 komputer Mac di perusahaan mereka, sebutan khusus adalah SAP dan Capital One yang masing-masing telah meluncurkan 13.000 dan 12.000 komputer Mac. Komputer Mac adalah perangkat yang sangat kuat sehingga menjadi lebih dari sebelumnya - untuk profesional kreatif dan mahasiswa.

Jajaran MacBook Apple telah berkembang pesat dalam hal desain, build, dan fitur. Memiliki satu hari ini berarti Anda mendapatkan laptop dengan desain ramping, bawaan Macintosh yang kokoh, dan OS yang handal. Beberapa fitur luar biasa yang menjadikan MacBooks laptop unggulan adalah layar Retina-nya yang tinggi, keyboard yang nyaman dan tajam, serta desain canggih yang menampung mesin yang mengungguli merek dan model lain. Tentu saja, MacBook yang kita kenal sekarang telah melalui beberapa masa transformasi. Faktanya, komputer portabel Apple pertama keluar pada tahun 1989 yang disebut Macintosh Portable. Grafik visual kami di bawah ini menggambarkan sejarah dan evolusi mesin yang dihormati ini. Mari kita mulai.
Sebelum Apple Macbook Pro: Evolusi MacBook

Sejarah Singkat MacBook Apple

Apple, raksasa teknologi terkemuka, menawarkan produk yang dapat langsung dikenali. Sekarang, Anda akan segera mengetahui apakah seseorang menggunakan MacBook atau tidak dari desain yang ramping dan minimalis saja. Jadi, bagaimana Apple sampai pada titik ini?

MacBook Origins: PowerBook (1991–2006)

Apple menggunakan konvensi penamaan yang berbeda untuk komputer laptopnya selama bertahun-tahun. Untuk debutnya pada tahun 1991, Apple menggunakan nama PowerBook untuk memperkenalkan jajaran laptopnya. Itu kemudian menjadi sukses besar. PowerBook 100, juga disebut Mac Portable, memiliki fitur set-back keyboard, ruang untuk sandaran tangan, dan trackball depan dan tengah yang menguntungkan baik pengguna kidal maupun pengguna kidal — ini akhirnya menetapkan standar untuk laptop.

Seri PowerBook telah melalui era desain ulang dan peningkatan selama 15 tahun penggunaan nama merek tersebut. Model terakhir untuk model PowerBook, yang dianggap sebagai pendahulu langsung MacBook, adalah PowerBook G4, yang dirilis pada tahun 2001. Model ini memperkenalkan gaya ringkas dan desain ramping (yang lebih maju dari masanya) yang tetap ada dengan MacBook saat ini.

Peluncuran MacBook Original (2006–2011)

Hah? MacBook Original? Ya, jika teman-teman elmob bingung mengartikannya, MacBook original yang seharusnya kita pahami disini adalah MacBook White. Beberapa dari kita menyebutnya MacBook Unibody. Well, MacBook Original diperkenalkan pada tahun 2006. Perusahaan ini memproduksi laptop dengan tampilan modern yang belum pernah dibuat oleh merek lain sebelumnya. MacBook pertama mendirikan fondasi yang dimiliki Apple dengan komputer laptopnya saat ini.

Pada tahun 2008, MacBook adalah laptop terlaris di seluruh merek apa pun di A.S. Dalam tahun-tahun tersebut, ada tiga perubahan desain yang signifikan dengannya: kombinasi polikarbonat dan fiberglass, konstruksi unibodi aluminium, dan unibodi polikarbonat.

MacBook Pro Seperti yang Kita Kenal (2006 – Sekarang)

Versi Pro dari MacBook diperkenalkan pada tahun 2006 dan hadir dengan desain unibody aluminium yang ramping, layar Retina, dan prosesor Intel. Sejak rilis Pro, spesifikasi dan fiturnya telah mengadopsi inovasi mutakhir. Dan, pada tahun 2015, Apple meluncurkan generasi baru laptop MacBook, yang merupakan mesin pembangkit tenaga listrik yang dibungkus dengan bodi aluminium tipis dan ringan, dan MacBook paling portabel hingga saat ini. Model ini tampak seperti kombinasi MacBook Air dan MacBook Pro. Namun, itu dihentikan tidak lama kemudian. Tidak banyak pelanggan yang menyukai laptop futuristik karena mereka dapat membeli opsi Mac lain yang mengungguli itu.

Pada Juli 2019, Apple memperkenalkan MacBook Pro yang dimodifikasi, yang menawarkan keyboard bergaya kupu-kupu (dirancang untuk menghindari masalah dengan model sebelumnya), prosesor 8-inti super cepat, penyimpanan berkapasitas tinggi, grafik generasi berikutnya, dan sistem suara yang lebih baik. .

Apple MacBook: Penentu Trend di Industri Teknologi

MacBook Pro yang ikonik telah menjadi alat favorit bagi pelajar dan profesional. Ini telah meletakkan standar untuk mesin kecil dengan komponen perangkat keras dan perangkat lunaknya yang hebat. MacBook telah mengubah cara pengguna mendekati produktivitas saat mereka bepergian. Selama bertahun-tahun, komputer Apple telah turun harga secara signifikan sambil meningkatkan kinerjanya yang merupakan nilai tambah besar bagi konsumen. (source: macs4u.com)

Kesimpulan

Catatan Electro Mobile: Jika anda mencari Apple MacBook yang berkinerja dan sesuai dengan anggaran anda, pertimbangkan untuk membeli MacBook rekondisi, yang mesinnya sama kuatnya dengan unit baru. Untuk netizen Kota Surabaya yang ingin mencoba MacOS dalam serie MacBook. Lebih tepatnya ingin memiliki Apple MacBook. Situs elmobsub.com menyarankan Untuk Membeli serie Apple MacBook berikut:

  • Apple MacBook Pro 2012 dan yang lebih baru
  • Apple MacBook Air 2015 dan yang lebih baru
  • Apple iMac Retina 2017 dan yang lebih baru
  • Mac Mini 2018 dan yang lebih baru

Kenapa? Ya, karena Apple device rilisan tahun di atas masih mendapatkan support system atau bahkan masih didukung penuh oleh Apple inc. Pengalaman rekan redaksi elmobsub.com yang memiliki Apple MacBook unibody rilisan 2007. Ya, selain pernagkat kerasnya sudah tidak solid, OS yang adapun hanya bisa diinstall di Mountain Lion. Ingat OS terbaru hari ini adalah Big Sur, Catalina (Seperti pada Mac yang Kami Gunakan), Mojave, High Sierra, dan Sierra. Ada lagi? Silahkan kirim pendapat anda di official email kami di elmobsub@gmail.com. Masukan dari anda, akan kami jadikan bahan pertimbangan artikel sesi mendatang. Dapatkan bingkisan khusus dari Electro Mobile jika artikel jawaban kami untuk anda dirilis. Salam!
Demikianlah artikel tentang Evolusi Apple MacBook dari Masa Ke masa dari situs www.elmobsub.com


Punya masalah dengan Produk Apple anda? Electro Mobile Surabaya adalah Penyedia layanan Service, Sparepart, dan Aksesoris Produk-produk Apple di Kota Surabaya seperti:

  • Apple iPhone (All Series)
  • Apple Macbook (All Series)
  • Apple iPad (All Series)
  • Apple Smart iWatch (All Series)
  • Apple iMac Desktop (All Series), dll.

Seluruh prosedur service secara penuh dikerjakan dengan cepat, bergaransi, dan bisa ditunggu oleh teknisi dari iService Center Electro Mobile WTC Surabaya. Dalam beberapa case kerusakan berat perangkat Apple, kami menyediakan tanda terima opname resmi. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi atas iDevice Apple anda jika harus opname di tempat kami. Electro Mobile WTC Surabaya telah membuktikan diri lebih dari 10 Tahun menangani problem perangkat keras maupun perangkat lunak Apple di Kota Surabaya. Cek Teaser video Youtube Electro Mobile Apple Service Surabaya berikut ya:
Kunjungi Outlet Service, Sparepart, dan Aksesoris produk Apple kami di Plaza WTC, Lantai 2, Outlet No. 816, Kota Surabaya, Jawa Timur 60271, Indonesia. Untuk detail lokasi Outlet Electro Mobile silahkan cek di Google Maps berikut ini ya:
Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:


Customer service Electro Mobile Surabaya akan selalu siap melayani anda!

Salam

@elmobsub

www.elmobsub.com


Lebih baru Lebih lama