Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | πŸ“ Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | πŸ“ Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | πŸ“¨ Email: elmobsub@gmail.com | πŸ“² Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

HANDLE MACBOOK ANDA SENDIRI

21 tips teratas untuk membantu Anda menguasai Mac Anda

Mac OS
Mac lebih populer daripada sebelumnya - tetapi bagi orang yang masih beralih dari Windows ke OS Apple untuk pertama kalinya, ada banyak hal yang bisa diambil. Berikut adalah 20 tips utama kami untuk membantu Anda menguasai Mac anda. Dalam artikel sebelumnya kami di Electro Mobile Apple Service Surabaya telah membahasa tentang Fungsi dan Cara Menggunakan iCloud di Apple Device. Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang 21 Tips Teratas Untuk Menghandle MacBook anda sendiri. Simak terus ulasannya!

1. Cara Screen Shoot/Tangkapan layar dari bagian layar tertentu
Mengambil tangkapan layar semuanya baik-baik saja, tetapi lebih sering daripada tidak, Anda tidak benar-benar membutuhkan seluruh layar dalam pengambilan. Di Mac ada cara sederhana untuk mengambil bagian layar yang Anda inginkan: Cmd + Shift + 4.

Dari sana, klik dan seret kotak ke bagian layar yang ingin Anda tangkap. Setelah rilis gambar akan disimpan ke desktop. Jika Anda hanya ingin mengambil seluruh layar, tekan Cmd + Shift + 3 sebagai gantinya.

2. Cara Mengganti nama banyak file sekaligus
Mengganti nama file sangat membosankan. Mengganti nama seratus foto liburan dalam sekali duduk benar-benar menyiksa. Jika anda menjalankan versi terbaru OS X – Yosemite – Anda dapat melakukannya dengan satu tindakan sederhana. Pilih semua file yang ingin Anda ganti namanya dan klik kanan, lalu klik Ganti Nama. Ini memberi Anda tiga opsi untuk mengganti nama. Ganti Teks memungkinkan Anda untuk mengubah, misalnya, bagian 'IMG' dari sekumpulan berkas dengan sesuatu yang lebih relevan. Jadi 'IMG_01', 'IMG_02' dan seterusnya menjadi 'Ulang tahun Ayah_01' dan 'Ulang tahun Ayah_02', atau semacamnya.

3. Jalankan Windows di mesin Apple Anda
Berlawanan dengan kepercayaan populer, adalah mungkin untuk menjalankan salinan Microsoft Windows di Mac. Ini juga sangat sederhana untuk dilakukan. Navigasikan ke folder Aplikasi di Mac Anda, lalu ke folder Utilitas. Di dalamnya ada program yang disebut Boot Camp. Sekarang akan 'mempartisi' hard drive Anda – ini pada dasarnya berarti membaginya antara Windows dan Mac. Anda dapat memilih bagaimana Anda membagi rasio, tetapi ingat bahwa penyimpanan yang dialokasikan untuk satu OS tidak dapat diakses oleh yang lain. Klik Partisi untuk memulai proses.

Setelah memulai ulang Mac Anda akan meminta CD instalasi Windows. Jika Anda tidak memilikinya, Anda perlu membelinya – bisa berupa Windows 7 atau Windows 8. Ketika ditanya di mana harus menginstal, pilih bagian yang dipartisi dari hard drive Anda. Ingin bantuan lebih lanjut dengan Mac Anda? Tim teknologi kami yang ramah dapat membantu Anda dengan dukungan satu-ke-satu pada berbagai masalah teknologi. Setelah selesai Mac Anda akan boot ke Windows untuk pertama kalinya. Nyata ya? Mulai sekarang, kapan pun Anda menghidupkan mesin, cukup tahan tombol Option dan Anda dapat memilih antara Windows atau OS X. Ingatlah bahwa tidak ada cara untuk mengganti sistem operasi dengan cepat, jadi pastikan Anda memilih yang benar atau Anda harus memulai ulang.

4. Tambahkan tanda tangan Anda ke dokumen
Jika anda pernah harus mengembalikan dokumen resmi yang telah dikirimkan kepada Anda secara digital, anda akan tahu rasa sakit karena harus menambahkan tanda tangan Anda. Dengan Mac OS X, ada cara yang jauh lebih baik. Buka dokumen yang perlu Anda masuki dalam aplikasi Pratinjau. Klik ikon pena di dekat sudut kanan atas layar dan pilih Create Signature from Built-in iSight. iSight adalah webcam bawaan Mac Anda, yang akan digunakan untuk menangkap tanda tangan Anda. Tanda tangani nama anda di selembar kertas putih polos dan dekatkan ke kamera. Sejajarkan dengan benar menggunakan panduan di layar dan kamera akan mengekstraknya secara otomatis. Klik Terima untuk menyimpannya.

Untuk menggunakannya di masa mendatang cukup ikuti langkah pertama panduan ini, hanya saja alih-alih mengklik opsi Buat Tanda Tangan, akan ada pratinjau tanda tangan Anda yang sudah ada.

5. Lihat semua karakter khusus
Klik ikon kaca pembesar di kanan atas layar Anda dan cari program bernama Character Viewer. Buka dan Anda akan diberikan akses ke setiap karakter khusus yang dapat ditampilkan oleh Mac OS. Saat Anda menemukan karakter yang Anda inginkan, klik dua kali untuk menyisipkannya ke dalam bidang teks yang sedang Anda edit.

Artikel Terkait: Alasan Kenapa Harus Punya MacBook

6. Mac setara dengan Ctrl + Alt + Delete
Mac memiliki padanannya sendiri dengan Ctrl + Alt + Delete. Jika Anda tidak dapat keluar dari program, tahan tombol Cmd + Option dan tekan Esc. Ini akan memunculkan kotak dialog Force Quit, yang akan menunjukkan kepada Anda semua aplikasi yang sedang berjalan dan memungkinkan Anda untuk menghentikannya secara paksa.

7. Beralih di antara beberapa jendela dalam program yang sama
Menggunakan tombol Cmd + Tab Anda dapat dengan cepat beralih di antara program yang terbuka. Namun jika Anda memiliki, katakanlah, tiga dokumen Word terbuka sekaligus yang ingin Anda alihkan, Anda memerlukan pintasan yang berbeda.

Cmd + ~ akan langsung beralih di antara beberapa jendela dari program yang sama. Ini akan berfungsi untuk aplikasi apa pun.

8. Langsung mencari kata di kamus atau tesaurus
Alat referensi OS X terintegrasi dengan luar biasa. Anda dapat mengaksesnya dari mana saja untuk mencari kata apa pun yang mungkin menyebabkan masalah bagi Anda. Pilih kata yang ingin Anda pelajari lebih lanjut dan tekan tombol Cmd + Ctrl + D. Alternatif ly, jika Anda menggunakan MacBook, cukup klik dengan tiga jari di trackpad Anda.

9. Nyalakan Mac Anda secara diam-diam
Bahkan jika Anda belum pernah menggunakan Mac sebelumnya, Anda mungkin akrab dengan lonceng ikonik yang dikeluarkannya setiap kali dijalankan. Sayangnya, suara itu seringkali cukup merepotkan. Jika Anda berada di suatu tempat di mana keheningan adalah yang terpenting, seperti kelas atau perpustakaan, cukup tahan tombol Bungkam saat memulai.

10. Konversikan unit apa pun dalam Spotlight
Spotlight dapat menemukan berbagai hal baik di Mac dan online Anda, dan juga menyelesaikan beberapa pertanyaan dasar tanpa harus membuka jendela baru. Salah satu kueri tersebut adalah konversi unit. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan angka yang ingin Anda konversi, misalnya '57kg' dan itu akan menampilkan daftar konversi sebagai hasil pencarian. Ini bahkan bekerja dengan mata uang, asalkan Anda terhubung ke internet.

Artikel Terkait: Cara Mudah Untuk Membedakan MacBook Pro dan Macbook Air

11. Kesulitan menemukan kursor Anda? Buat itu tumbuh
Salah satu fitur paling inovatif dari pembaruan El Capitan ke OS X adalah kemampuan untuk membuat kursor Anda muncul sendiri jika Anda kesulitan menemukannya. Cukup goyangkan mouse Anda atau gerakkan jari Anda dengan cepat bolak-balik melintasi trackpad untuk membuatnya menjadi berukuran balon. Setelah Anda menemukannya, cukup berhenti dan itu akan menyusut kembali normal.

12. Gabungkan jendela Finder
Lewatlah sudah hari-hari harus membuka seribu jendela Finder ketika mencoba mengelola file di seluruh Mac Anda. Jika Anda menemukan layar Anda terisi dengan jendela baru, klik opsi Windows di bilah menu, lalu klik Gabungkan semua jendela. Apa yang sebelumnya banyak jendela sekarang akan muncul sebagai tab kecil yang rapi dalam satu jendela.

13. Putuskan sambungan dari jaringan wi-fi tanpa mematikan wi-fi
Tahan tombol Alt dan klik ikon wi-fi di bilah menu Mac Anda. Ini akan mengungkapkan semua opsi yang biasanya Anda lihat saat mengkliknya, ditambah daftar informasi yang lebih besar di bawah nama jaringan yang Anda sambungkan. Tepat di bawah jaringan Anda seharusnya ada opsi berlabel Putus dari [nama jaringan Anda]. Berikan satu klik dan Anda akan memutuskan sambungan – tidak perlu memulai ulang wi-fi Anda.

14. Rekam layar Anda
Terkadang screengrab sederhana tidak cukup, dan Anda pasti ingin menangkap sesuatu yang dianimasikan. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan fitur bawaan QuickTime, program yang disertakan dengan setiap Mac sebagai standar. Buka folder Aplikasi Anda (jika belum ada di bilah pintasan Anda) dan buka. Klik File > Rekaman layar baru. Ini akan memungkinkan Anda untuk merekam seluruh layar, atau hanya sebagian saja. Ini sangat berguna untuk hal-hal seperti tutorial – juga dapat menangkap suara.

15. Hitung jumlah di Spotlight
OS X mungkin memiliki widget kalkulator bawaan, tetapi ada cara yang lebih mudah untuk melakukan perhitungan cepat. Klik ikon Spotlight di sudut kanan atas layar Anda, lalu ketikkan jumlah Anda. +, -, /, * dan = sesuai dengan fungsi plus, minus, bagi, perkalian, dan persamaan pada kalkulator konvensional. Hasil Anda akan muncul di kotak Spotlight di bawahnya.

Artikel Terkait: Alasan Penyebab Apple MacBook Mahal

16. Tambahkan karakter asing atau beraksen dengan cepat
Anda yang terbiasa dengan komputer Windows mungkin akrab dengan mimpi buruk mengingat dan menjalankan pintasan untuk karakter asing yang umum, seperti Γ© atau ΓΌ. Untungnya, OS X membuat segalanya jauh lebih mudah.

Untuk mengetik karakter asing atau karakter dengan aksen di atasnya, pertama-tama temukan versi sederhana dari huruf yang Anda butuhkan (mis. a untuk Γ‘ atau s untuk ) dan tahan tombolnya. Setelah jeda singkat, Anda akan ditawari pilihan varian huruf yang Anda inginkan dalam kotak pop-up kecil di atas tempat Anda mengetik surat. Pilih yang Anda inginkan dan itu akan dimasukkan ke dalam bidang teks.

17. Tidak ada tombol Hapus? tidak masalah
Tidak semua papan ketik Mac dilengkapi dengan tombol Hapus (seringkali diberi gaya sebagai 'Del'). Alih-alih melompat ke akhir kata yang ingin Anda hapus melalui spasi mundur setiap kali, cukup tahan tombol Fungsi dan tekan Hapus. Ini terutama masalah yang akan memengaruhi pengguna MacBook, tetapi jika Anda menggunakan keyboard terpisah tanpa tombol Hapus atau tombol Fungsi, menahan Kontrol dan menekan D juga berfungsi.

18. Ubah volume secara diam-diam
Tombol volume pada keyboard Apple tidak dapat disangkal berguna, tetapi ada satu masalah besar dengan mereka – mereka membuat kebisingan saat Anda menekannya, yang berarti bahwa segala upaya untuk membungkam Mac Anda secara diam-diam segera digagalkan. Tanpa sepengetahuan banyak orang, Anda sebenarnya dapat membisukan tombol volume tersebut – cukup tahan Shift sambil menekannya.

19. Cara Menemukan kata sandi yang terlupakan untuk situs web atau program
Untuk hampir semua program di Mac Anda, serta banyak situs web yang Anda kunjungi di dalamnya, detail login dan kata sandi Anda akan disimpan jauh di dalam gantungan kunci Mac Anda. Jangan khawatir, mereka dienkripsi ulang dan hanya dapat diakses secara lokal oleh pengguna yang mereka lamar.

Jika Anda lupa salah satu kata sandi ini, anda sebenarnya dapat memulihkannya dari dalam Mac Anda – selama Anda mengingat kata sandi untuk akun pengguna anda. Buka jendela Finder baru dan buka Aplikasi Anda. Di dalam folder ini harus ada folder lain bernama Utilitas. Buka program di dalamnya yang disebut Keychain. Anda sekarang dapat melihat setiap login yang tersimpan di komputer Anda. Anda dapat mengurutkannya berdasarkan nama atau jenis, atau Anda dapat mencari yang Anda cari menggunakan alat pencarian di sudut kanan atas.

Jika anda ingin melihat kata sandi untuk salah satu login, Anda akan dimintai nama pengguna dan login anda, sama seperti jika anda menginstal program baru atau membuat perubahan keamanan pada Mac anda.

20. Beri anotasi pada PDF atau gambar
Dengan PDF – jenis file pilihan utama untuk komunikasi bisnis – bisa sangat membuat frustrasi karena Anda tidak memiliki cara untuk mengeditnya dengan mudah – hingga saat ini. Klik dua kali pada file PDF yang Anda inginkan dan itu akan terbuka di Pratinjau, penampil PDF default di OS X (jika tidak, Anda dapat menemukannya di dalam folder Aplikasi Anda. Buka dan pilih File > Buka dari menu).

Sekarang, klik Lihat di bilah menu dan pilih Tampilkan bilah alat anotasi. Mulai sekarang, bilah alat ini akan selalu ditampilkan bersama PDF yang Anda lihat. Ini memungkinkan Anda menyorot, mencoret-coret, membubuhi keterangan, dan menggambar bentuk. Anda kemudian dapat menyimpan salinan baru PDF Anda (menggunakan File > Save As) dan mengembalikannya ke pengirim sehingga mereka dapat melihat perubahan anda. (source: computing.co.uk)

Punya Masalah dengan MacBook Anda? Tempat Service Apple MacBook di Kota Surabaya

21. Kenali Banyak Jalan Pintas/ShortCut di MacBook anda
Electro Mobile Apple Repair Service Surabaya (Apple iPhone, iPad, Mac, iWatch Repair Service at West, East, North, South, and Central Surabaya) - Tulisan ini spesial kami rilis khusus untuk pengguna MacBook baru dan untuk pengguna MacBook lama tentunya (seperti redaksi elmobsub.com). Well, jika anda baru saja memutuskan untuk beralih dari laptop Windows ke laptop MacOS tentunya akan memerlukan sedikit adaptasi dalam penggunakan pintasan/shortcut keyboard di perangkat Apple MacBook baru anda. Ya, pelajari Lebih Lanjut tentang Klik Disini Untukk Tulisan Tentang Shortcut Rahasia pada Apple MacBook!


Lebih baru Lebih lama