Electro Mobile adalah Store yang menyediakan kebutuhan Service, Spare Part, dan Aksesoris Apple di Kota Surabaya | 📍 Store I: WTC e-Mall Lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya | 📍 Store: II WTC Mall Lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya | 📨 Email: elmobsub@gmail.com | 📲 Phone/Whatsapp: 0822-1695-6789

MASALAH PADA KEYBOARD MACBOOK PRO/AIR

Electro Mobile Apple iPhone, MacBook, iPad, iMac, & Smart iWatch Repair Service Surabaya - Masalah Keyboard MacBook Pro / Air (Berulang, Terjebak, Tidak Merespons)

Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Apple pada tahun 2015 dan 2016 memperkenalkan keyboard yang diperbarui untuk MacBook dan MacBook Pro-nya, memulai debut tombol kupu-kupu baru dengan sakelar rumah di bawah setiap tombol yang meminimalkan ketebalan sambil juga memberikan tekanan yang memuaskan di bawah jari. Sayangnya, keyboard kupu-kupu Apple sangat kontroversial dan telah disebut sebagai salah satu keputusan desain terburuk perusahaan karena kecenderungan mereka untuk gagal karena partikel kecil seperti remah-remah atau masalah panas. 

Semua keyboard kupu-kupu di model MacBook Pro, MacBook, dan MacBook Air yang diperkenalkan antara 2016 dan 2019 (dan 2015 untuk MacBook) memiliki tombol kupu-kupu yang rentan terhadap kegagalan. Dalam artikel sebelumnya kami di Electro Mobile Apple Service Surabaya telah membahas tentang Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Oleh Pengguna iPhone. Nah, dalam artikel kali ini kami akan secara khusus membahas tentang Masalah Pada Keyboard MacBook Pro/Air. Simak terus ulasan kami berikut ini!
Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Dilansir dari laman macrumors.com, Apple pada tahun 2019 mulai menghapus secara bertahap keyboard kupu-kupu, dan mulai Mei 2020, keyboard ini tidak lagi digunakan di model MacBook Air‌ dan MacBook Pro baru, meskipun mesin lama akan terus mengalami masalah karena ini tidak dapat diperbarui dengan mekanisme sakelar gunting yang baru. .

Lalu Apa masalahnya?
Tombol kupu-kupu menggunakan mekanisme kupu-kupu yang berbeda dari mekanisme gunting yang digunakan untuk keyboard tradisional. Disebut mekanisme kupu-kupu karena komponen di bawah kunci menyerupai sayap kupu-kupu, dengan engsel di tengahnya, bukan tumpang tindih seperti gunting. Apple beralih ke mekanisme kupu-kupu untuk membuat keyboard yang lebih tipis, yang dimungkinkan karena setiap tombol bergerak lebih sedikit saat ditekan sehingga lebih sedikit ruang yang dibutuhkan. 

Ya, keyboard memberikan jumlah perjalanan dan stabilitas yang memuaskan saat setiap tombol ditekan, tetapi sayangnya, mekanisme kupu-kupu tipis dapat macet dengan remah-remah, debu, dan partikulat lainnya, yang mengakibatkan tombol tidak ditekan dengan benar, tombol-tombol yang melewatkan penekanan tombol , atau tombol yang mengulang huruf. Kegagalan keyboard ada di notebook Apple karena mengganti keyboard membutuhkan penggantian seluruh rakitan atas komputer, yang bukan merupakan perbaikan yang murah.

MacBook Mana Mana Saja yang terpengaruh?
Semua model MacBook berpotensi mengalami masalah keyboard karena MacBook 2015 adalah mesin pertama yang mendapatkan keyboard kupu-kupu. Semua model MacBook Pro 2016, 2017, dan 2018 dan 15-inci rentan terhadap kegagalan meskipun ada beberapa perubahan generasi yang telah dilakukan Apple pada keyboard dengan model yang berbeda, yang akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah. Belum jelas apakah model 2019 rentan karena pembaruan komponen. MacBook Air‌ 2018 Apple menggunakan keyboard kupu-kupu yang sama dengan yang ada di MacBook Pro, yang juga menjadi subjek beberapa keluhan kegagalan di forum Reddit dan MacRumors.

Catatan: Tidak semua pemilik MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air‌ mengalami masalah dengan keyboard kupu-kupu. Ini adalah masalah yang tampaknya terkait dengan debu, remah, dan paparan partikel kecil, dengan beberapa keluhan masalah panas, yang memengaruhi sebagian pemilik MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air‌.
Semua model MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air‌ dicakup selama empat tahun sejak tanggal pembelian, jadi mesin 2019 dilindungi hingga 2023.
Menurut Apple, hanya "persentase kecil" pengguna Mac yang mengalami masalah dengan keyboard kupu-kupu, tetapi klaim anekdot dan visibilitas masalah yang tinggi telah menghasilkan persepsi publik bahwa sebagian besar keyboard kupu-kupu gagal. Ini tidak benar karena beberapa orang memiliki keyboard yang baik-baik saja, tetapi keyboard notebook Mac modern memiliki potensi untuk mengalami masalah.

Dan apa yang telah dilakukan Apple?
Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Apple pada Juni 2018 meluncurkan program perbaikan keyboard untuk model MacBook dan MacBook Pro yang dilengkapi dengan tombol kupu-kupu, dan pada Mei 2019, program ini diperluas untuk mencakup semua mesin MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air‌ yang dilengkapi dengan keyboard kupu-kupu, termasuk yang baru model 2019.

  • MacBook (Retina, 12 inci, Awal 2015)
  • MacBook (Retina, 12 inci, Awal 2016)
  • MacBook (Retina, 12 inci, 2017)
  • MacBook Air‌ (Retina, 13 inci, 2018)
  • MacBook Pro (13 inci, 2016, Dua Port Thunderbolt 3)
  • MacBook Pro (13 inci, 2017, Dua Port Thunderbolt 3)
  • MacBook Pro (13 inci, 2016, Empat Port Thunderbolt 3)
  • MacBook Pro (13 inci, 2017, Empat Port Thunderbolt 3)
  • MacBook Pro (15 inci, 2016)
  • MacBook Pro (15 inci, 2017)
  • MacBook Pro (13 inci, 2018, Empat Port Thunderbolt 3)
  • MacBook Pro (15 inci, 2018)
  • MacBook Pro (13 inci, 2019, Empat Port Thunderbolt 3)
  • MacBook Pro (15 inci, 2019)

Pelanggan dengan mesin 2015 hingga 2019 yang memenuhi syarat yang mengalami masalah keyboard dapat mengunjungi toko ritel Apple atau Penyedia Layanan Resmi Apple untuk menerima perbaikan secara gratis. Program perbaikan adalah masalah besar, karena sebelum dimulai, beberapa pelanggan harus membayar biaya lebih dari $500 untuk memperbaiki model MacBook dan MacBook Pro mereka.

Bagaimana dengan model MacBook Pro dan MacBook Air 2018?
Apple pada tahun 2018 memulai debutnya model MacBook Air‌ dan MacBook Pro yang menggunakan keyboard kupu-kupu generasi ketiga yang diperbarui. Keyboard kupu-kupu generasi ketiga d memiliki penghalang silikon tipis di belakang setiap kunci, yang dipasang sebagai tindakan anti masuk untuk mencegah debu masuk ke kunci.

Ada harapan setelah peluncuran keyboard kupu-kupu generasi ketiga yang akan mengurangi kegagalan, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh laporan terbaru dari The Wall Street Journal, MacBook Pro 2018 masih rentan terhadap masalah keyboard. Apple dalam sebuah pernyataan meminta maaf, tetapi tidak menguraikan opsi perbaikan khusus atau rencana keyboard di masa depan.
Kami menyadari bahwa sejumlah kecil pengguna mengalami masalah dengan keyboard kupu-kupu generasi ketiga mereka dan untuk itu kami mohon maaf. Sebagian besar pelanggan notebook Mac mendapatkan pengalaman positif dengan keyboard baru. Mungkin mesin 2018 dengan keyboard kupu-kupu yang diperbarui akan lebih jarang gagal, tetapi pemilik 2018 MacBook Pro dan ‌MacBook Air‌ masih melaporkan masalah, yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian.

Lalu Bagaimana dengan model MacBook Pro 2019?
Apple pada Mei 2019 memulai debut model MacBook Pro baru dengan peningkatan tambahan pada keyboard kupu-kupu generasi ketiga. MacBook Pro 2019 memiliki keyboard yang dibuat dengan bahan baru yang diklaim Apple akan secara signifikan mengurangi kegagalan keyboard yang telah dilihat pengguna. Apple belum memberikan detail spesifik tentang perubahan materi pada keyboard kupu-kupu yang diperbarui. Menurut teardown iFixit, Apple telah membuat perubahan pada membran yang menutupi sakelar keyboard.

Sakelar kunci pro macbook 2019
Selaput baru lebih jernih dan halus saat disentuh, dan tampaknya dibuat dengan poliasetilen. Ada juga perubahan halus pada kubah logam di setiap sakelar kunci, mungkin dirancang untuk mengurangi masalah dengan daya tahan, pantulan, atau masalah lainnya.
Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Menurut Apple, mesin MacBook Pro dan MacBook Air 2018 2018 yang mengalami kegagalan keyboard akan dapat ditingkatkan dengan keyboard kupu-kupu generasi ketiga yang baru ditingkatkan ini. Mesin lama yang tidak menggunakan keyboard kupu-kupu generasi ketiga tidak akan dapat diperbarui dengan teknologi 2019, tetapi bahkan teknologi yang lebih baru ini terkadang rentan terhadap kegagalan.

Apa yang harus Anda lakukan jika keyboard kupu-kupu anda mengalami Kegagalan Operasi?
Apa pun MacBook, MacBook Air‌, atau MacBook Pro yang anda miliki, anda harus menghubungi dukungan Apple atau mengunjungi toko Apple Repair Service Store terdekat dari lokasi anda untuk opsi perbaikan. Sekarang setelah semua keyboard kupu-kupu tertutup, pelanggan dengan mesin yang terpengaruh tidak akan kesulitan untuk memperbaikinya.
Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Apple memprioritaskan perbaikan keyboard MacBook dan MacBook Pro dan mengharuskan staf Apple retail untuk melakukan perbaikan di toko daripada mengirim mesin ke fasilitas perbaikan, yang membutuhkan waktu berhari-hari. Apple sekarang bertujuan untuk menawarkan penggantian keyboard MacBook dan MacBook Pro hari berikutnya, yang akan meningkatkan ketidaknyamanan perbaikan.
Pelajari lanjut tentang beberapa tips kami tentang Cara Mengatasi Masalah pada Keyboard Apple MacBook Pro/Air dalam tautan ini!
Dalam beberapa kasus, jika Anda mendapatkan remah besar di bawah kunci, kunci akan terasa terkunci di tempatnya. Ada saat-saat di mana anda dapat menggoyangkan tombol untuk memecah remah-remah dan membuatnya berfungsi kembali, dan Apple juga merekomendasikan untuk membersihkan keyboard dengan udara terkompresi.

Tidak ada lagi keyboard kupu-kupu?
Dengan peluncuran MacBook Pro 16-inci, MacBook Pro 13-inci yang baru, dan MacBook Air updated 13-inci yang diperbarui, Apple telah secara efektif menghilangkan keyboard kupu-kupu dari jajaran notebooknya. Pada Mei 2020, tidak ada MacBook yang dibuat yang menampilkan mekanisme tombol kupu-kupu, dengan mesin terbaru Apple semuanya menampilkan mekanisme sakelar gunting yang lebih baru dan lebih tahan lama untuk keyboard, yang disebut Apple sebagai "Keyboard Ajaib."
Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Mekanisme gunting di Magic Keyboard menawarkan jarak kunci 1mm dan nuansa tombol yang stabil, ditambah kubah karet buatan Apple yang dirancang untuk menyimpan lebih banyak energi potensial untuk penekanan tombol yang lebih responsif. Apple mengatakan bahwa Magic Keyboard menghadirkan pengalaman mengetik yang nyaman, memuaskan, dan senyap. Dari segi desain, keyboardnya mirip dengan opsi keyboard kupu-kupu, tetapi ada tombol Escape fisik alih-alih tombol virtual di Touch Bar, dan tombol Touch ID juga merupakan tombol terpisah.

Well, jika anda memiliki pertanyaan tentang topik ini, jangan ragu untuk bertanya dengan mengirimkan email ke Official email Electro Mobile Apple Service Surabaya di elmobsub@gmail.com
Apple MacBook Pro/Air Service Surabaya | Electro Mobile Apple Service Surabaya | Phone/Whatsapp 0822-1695-6789

Jika anda berdomisili di Kota Surabaya atau sedang singgah di Kota Surabaya dan sedang memiliki masalah dengan MacBook Pro/Air anda baik itu masalah pada hardware maupun masalah pada software, jangan ragu untuk menghubungi Official Apple Repair Service Store kami di 0822-1695-6789. 

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan para teknisi kami baik secara Online maupun Offline. Official Store kami berada di WTC e-Mall lantai 2, No. R-816, Kota Surabaya dan WTC Mall lantai 2, No. R-227, Kota Surabaya. Lokasi toko yang berada di pusat kota akan sangat mudah ditemukan dan siakses dari mana saja. Ikuti Google Maps kami melalui tautan ini!


Lebih baru Lebih lama